Monday, August 22, 2005

Leonardo da Vinci

Filsuf, fisikawan sekaligus artis yang satu ini siapa sih yang gak kenal? Yah paling enggak pasti udah pernah denger namanya degh... :P I knew this man when I was in elementary school. Wait, what did I read from that old book? Gimme some minutes to refresh my memory... He was born in Florence, Italy (I can't recall the year). A true artist and a thinker. He made some amazing masterpieces. Such as:


Monalisa: which is a true mysterious painting. Sampe sekarang orang juga masih berdebat tentang siapa dia sebenarnya. Apakah Monalisa bener-bener eksis ato sekedar khayalan Oom Leo? Atau mungkin juga tante ini refleksi diri Leo dalam bentuk perempuan? And, what the hell she smiled for?


Vitruvian Man - or Universal Man: kabarnya ini gambar presisi pertama yang dibuat untuk pelajaran anatomi (doctors, you should thank him :P). Pastinya dibutuhin mayat yang gak sedikit untuk bisa menggambar dengan ukuran seakurat ini. Padahal taon segitu yang namanya mayat kan masih dijaga banget keberadaannya n kesakralannya... Trus, apa sih maksudnya lingkaran yang memagari pria telanjang itu?


The last supper: sekilas kelihatannya biasa aja. Cuma menggambarkan makan malam terakhir Yesus dengan murid-muridnya. Tapi ternyata bikin pertanyaan juga. Katanya murid Yesus kan laki semua, tapi coba deh perhatiin yang duduk di sebelah kanan Yesus. Laki ato perempuan sih? Dari ciri-cirinya sih feminin banget. Trus tuh cewek siapa dong? (Sebenarnya masih banyak banget pertanyaan tentang lukisan ini, tapi bahanya tar aja degh...)

The concept of helicopter: seingatku konsepnya masih sangat sederhana... Sayang aku gak punya gambarnya. Pokoknya secara konsepnya heli made in Oom Leo ini memanfaatkan daya angkat angin dengan semacam alat lingkaran bertumpuk seperti obat nyamuk yang melingkar keatas seperti kerucut. Meski sederhana tapi jelas ini jauh lebih visioner daripada sekedar cerita tentang Icarus yang terbang dengan sayap dan akhirnya mati konyol :P

Virgin on the Rocks ama Madonna on the Rocks: dua lukisan ini sebenarnya mirip, tapi katanya ada beda dalam persepsinya... Aku gak seberapa ngerti sih, tapi dua lukisan ini tuh menunjukkan humor simbolis ala Oom Leo yang sedikit sarkastik :)





Ada lagi lukisan yang dibuat di kubah katedral di Roma. Dataku juga gak sebera lengkap sih soal ini. Tapi kalo gak salah simbol dua tangan yang take and give ini sekarang dipakai buat lambangnya Nokia (itu loh gambar yang selalu muncul kalo pertama kali nyalain HP Nokia). Ya gak sih?

Ah, Leo da Vinci emang menimbulkan banyak (I do mean a lot) pertanyaan. Sulit memahami dia hanya dari karyanya. Dia jauh lebih complicated. Cerdas, pemikir, artist, scientist dan gay pula... Apa yang bisa ngalahin kerumitan pikiran dari kombinasi di atas? :P

Ps: Mau tambah koleksi pertanyaan tentang Oom Leo? Coba baca Da Vinci Code-nya Dan Brown, deh. Trust me, It's rocks!!!


No comments:

Post a Comment