Thursday, January 12, 2006

The Power of Media dan Bakso Tikus


Media emang kuat. Sangat kuat dalam mempengaruhi opini publik. Yah sekalipun kekuatan media memang diperlukan demi terciptanya demokrasi, tapi kadang kekuatan media kurang diperhitungkan efeknya sampingnya bagi pihak lain.

Contoh riil, hari ini kantor gw didemo ama persatuan tukang bakso se Asia Tenggara (gak kok, sengaja gw gede-gedein biar heboh :P). Demo Asosiasi Pedagang Bakso Se- apa gitu... Apa pasal? Beberapa minggu terakhir kita sering banget ngangkat soal bakso boraks, bakso berformalin dan (wuexxxs) bakso tikus. Niatnya sih bagus, biar masyarakat hati-hati milih makanannya.

Tapi rupanya pemberitaan yang diulang-ulang itu (gara-gara dapet rating 5 lewat, sigh!) punya efek gak enak buat Abang Bakso. Bakso mereka jadi gak laku. Yah secara sudah ngeliat cara-cara bikinnya yang ya ampun banget, ya pasti ilanglah yang namanya nafsu makan daging bulet-bulet itu (yah meskipun kalo di gw gak ngefek sih... :P)

Akhirnya berbondong-bondonglah para abang bakso ke kantor gw. Kemaren jumlahnya gak seberapa. Tapi hari ini... Wuihhhhh. Mana pada dateng dari luar kota Bekasi, Tangerang, Bintaro (Eh, Bintaro masih Jakarta yah? Huehehehehe). Pake carter bus segala... Mana didampingi ama pengacara juga (biasa... pengacara LSM gratisan yang lagi cari nama... :P).

Lumayan ngefek juga ke kita sih. Kita dilempar-lempar gitu dari luar gerbang. Mau keluar cari makan juga susah. Secara pagar ditutup gitu... Intinya mereka gak terima efek pemberitaan bakso tikus. Lha wong mereka mereka kan bikinnya gak pake tikus. Intinya mereka gak sepakat kantor gw ngangkat berita itu. Mereka gak peduli tentang hak orang untuk tau lewat media. 'Emangnya kalo anak istri kami gak makan situ mau nanggung?', begitulah kira-kira kata mereka.

Setelah ngobrol ama Pak Is, akhirnya mereka mau juga meninggalkan gerbang kantor gw. Dengan satu syarat, mereka mau ngadain makan bakso bersama dengan Sutiyoso di Tangerang. Dan kantor gw harus ikutan ngeliput. Harus!

Aaah, ternyata masih butuh media juga. :P

No comments:

Post a Comment