Monday, April 24, 2006

DL The Movie, A Comment



Jumat kemarin kita diundang untuk nonton preview-nya Dunia Lain The Movie. Sebenernya rada males sih, secara masih ada beberapa pekerjaan yang masih menunggu. Tapi yah kayaknya penasaran juga deh.

Nonton di auditorium Mega, lesehan bo! Jarang-jarang nonton film lesehan. Ini sih karena studio 1 lagi dipake shooting. But, seru juga nonton sambil selonjoran gitu. Hehehehe Yang jelas gw gak tau apa-apa tentang film. Cuma sekedar penonton yang gatel banget pengen kasih komentar.

The story...
Kirain ceritanya bakal gimanaa... gitu. Tapi ternyata, gak jauh beda ama cerita sinetron laga-setan yang sering ada di Indosiar itu. (Sigh!). Sumpah, ceritanya muter-muter gak jelas mau dibawa kemana. Awalan sama endingnya tuh kurang kontinyu rasanya. Maksa abis! Ok deh kalo mau bikin science fiction movie, tapi logika harus tetep masuk dong. Kalo kita ngomong tentang sejarah, kalo kita ngomong soal situasi kekinian yah harusnya sesuai dong dengan fakta-fakta yang ada. Biar penonton juga merasa bahwa ceritanya itu riil, ceritanya masuk akal. Jangan mentang-mentang fiksi trus logika penonton ditumpulin. Keliatan banget kalo dari awalnya, skenario film ini gak matang. Sayang banget, deh.

The Cast...
Apa sih yang menarik dari para pemeran itu? Kayaknya gak ada yg aktingnya menonjol dan kuat deh. Yah kecuali Harry Pantja yang memerankan dirinya sendiri, yang lain keliatan banget kalo gak sempet yang namanya pendalaman peran. Sering ada yang teriak karena ngeri, tapi masa kengerian itu sama sekali gak tersalur ke penonton... Parah!

The Animation...
Sumpah, ancur abis! Kayaknya animasi yang ada di sinetron laga saat ini lebih mendingan daripada animasi di film ini. Mau gambarin burung, eh gak kayak burung. Mau gambarin helikopter, keliatan banget kalo heli-nya mainan.

Overall...
Dari skenario yang mentah, casting ala kadarnya dan animasi yang ancur kayaknya film ini secara keseluruhan bisa dibilang nothing. Maaf, kalo kasar. Tapi memang kenyataannya kayak gitu. Bahasa visualnya sama sekali gak enak. Motong adegan seenaknya sendiri, loncat sana loncat sini. Aduuuh! Sayang banget kalo duit yang jumlahnya gak sedikit diinvest-kan untuk cerita yang gak prospektif seperti ini. Sayang!
Mendingan film ini gak usah dilempar ke pasar deh. Sayang nama baik Transinema kalau dipaksain. Tapi kalo mau ngetes kebenaran penilaian penonton sok tau kayak gw, ya lepas saja ke pasar. Toh penonton lain bakal bisa memisahkan kelas Gie dengan film maksa kayak gini...

No comments:

Post a Comment