Tuesday, May 02, 2006

Geliat Anak StarTV



Merhatiin ANTV mulai tanggal 30 April kemaren gak? Only one word out of my mouth. Cool! Why? Dalam dua hari ANTV gw rasa sudah mulai merebut perhatian penonton. Orang sudah mulai aware bahwa logo tv yang sempat nyaris bangkrut ini sudah berubah. Jujur, desain logonya sekalipun sederhana kesannya elegan banget. Memang standar logo buat anak perusahaan StarTV, sih. Jadi secara kelas sudah mendunia gitu.

Tapi bukan hanya itu yang bikin gw mikir. Gila, man. ANTV kayaknya bakal jadi ancaman buat rating TV-TV yang lain. Format acara yang dibuat kesannya sih memang buat menghantam acara-acara yang sedang naik daun saat ini. Sinetron-sinetron keren (macam Ujang Pantry dan Arisan) buatan orang-orang keren juga (Monty Tiwa dan Nia Dinata) jelas banget berusaha merebut rating dari Raja Sinetron (RCTI). Lalu acara talkshow Oom Farhan kayaknya mau menggerogoti ratingnya Lepas Malam dan Bincang Bintang. Lalu adalagi SuperDeal yang nyata banget mencoba merebut pemirsa Supershow. Prediksi gw, dalam beberapa minggu ANTV bakal berhasil mendongkrak posisinya dari posisi 9 ke (paling tidak) peringkat 7. Yah paling tidak akan melewati Global TV ama Lativi lah.

Kalau 5 tv besar telat mengantisipasi geliat ANTV ini, bukan hal yang mustahil kalo ANTV bakal melibas mereka juga. Rata-rata perusahaan yang ada di bawah StarTV kan kayak gitu. Secara manajerial pasti gak bakalan diragukan lagi. Anak perusahaan StarTV gitu (dan secara tidak langsung anak perusahaan News Corp-nya Murdoch, phew!). Lalu secara pengalaman di dunia broadcast (kalo bener ANTV ngambil orang-orang dari Hongkong) pasti jauh lebih banyak jika dibandingkan TV muda kayak TransTV.

Gw rasa, PR yang harus dikerjakan oleh programming ANTV hanyalah kecerdasan dan ketepatan membaca selera pasar Indonesia. Yang jelas, selera orang Indonesia ini rada unik bin aneh. Jadi gak bakalan bisa disamain dengan selera penonton di Amerika, Australia, Hongkong apalagi India. Mau tahu bagaimana hasil prediksi gw nanti? Kita tunggu rabu minggu depan yah! Kalo rating keluar, tar gw kabarin lagi.

2 comments:

  1. Your comments is very insightful..can't wait for your ratings next rebo depan :-P

    ReplyDelete
  2. Gee, thanks! Sayangnya minggu lalu ratingnya cuma naik 0,1. Itupun gara-gara sepak bola, bukan karena acara yang gw sebutin kemarin. Mungkin butuh waktu kali yah buat station awareness. Lagian kan gw bilang beberapa minggu lagi (hehehe, ngeles)

    ReplyDelete