Tuesday, May 02, 2006

Hardiknas


Kayaknya akhir-akhir ini gw sering banget posting yah. Gw juga heran, banyak banget yang bertuing-tuing di otak gw. Makanya gw butuh saluran buat ngeluarin segalanya. Secara sekarang sudah gak ada lagi orang yang bisa diajak diskusi sambil minum kopi...

Hari ini hari Pendidikan Nasional. Seinget gw dulu waktu gw SD-SMU pasti upacara deh. Trus banyak lomba-lomba yang diadain. Yang jadi pertanyaan gw dari dulu, kenapa sih harus upacara (bikin capek, panas dan bosan). Apalagi yang namanya semangat patriotisme gak bakalan terbentuk dengan upacara. Semangat jadi budak sih iya...
Trus lomba-lomba. Ya baca puisi lah, ya olah raga lah... Kayaknya momen Hardiknas kurang cocok dipake buat ini. Bukannya gw mengecilkan arti sebuah usaha untuk menaikkan jiwa seni pelajar Indonesia, bukan juga karena iri (I even won some prizes on those competition :P). Tapi alangkah bagusnya ketika Hardiknas dimaknai dengan kepedulian pelajar yang 'high class' pada pelajar yang 'lower class' (serasa istilah apaaa gitu, hehehehe). Wujudnya sih macem-macem, terserah kreativitas yang mau ngejalanin ajah.

Tau sendiri kan bagaimana akibat sistem pendidikan Indonesia yang tidak merata? Sekolah-sekolah yang ada di kota dapet fasilitas bejibun. Bandingkan dengan sekolah yang ada di luar daerah (misal sekolah yang ada di Kepulauan Seribu yang sempat dikunjungi SBY beberapa waktu lalu). Yang satu dapet komputer sedangkan satunya genteng aja gak genap. Parah!

No comments:

Post a Comment