Wednesday, April 18, 2007

ABC : Anyer, Banten and Cilegon



Long weekend 17-19 Maret 2007. Mau kemana? Yang jelas pasti bakal bosen banget kalo tetep stay di Jakarta. Secara rumah juga sepi gitu. Memang sih ada rencana buat jalan ke kota tua Jakarta, tapi gak tau kenapa kok jadi males yah. Tanpa pikir panjang, mau juga gue ngikutin ajakan Julia untuk jalan ke Cilegon. Dengan satu grand agenda: foto session!
Dan berangkatlah kita minggu pagi itu. Anak-anak (Julia, Sista dan Nina) berangkat dari Kampung Rambutan. Sementara gue nunggu di gerbang tol Kebon Jeruk. Ya oloh, panas banget ya Jakarta jam segitu. Secara biasanya gue berangkat dan pulang kerja saat matahari gak terlalu terik. Untung gak lama kemudian bis Armada yang dinaikin ama anak-anak udah dateng. Untungnya lagi sudah disediain tempat duduk buat gue. Bo, gak kebayang aja gitu kalo harus berdiri selama perjalanan. Dua jam gitu...

Ternyata ongkos bis lumayan murah, cukup 16.000 rupiah saja untuk menempuh jarak sekitar 120 km. Kita turun di PCI (kita sempet debat tentang kepanjangan PCI – Pondok Cilegon Indah atau Perumahan Cilegon Indah. Hasilnya? Dee gak penting banget kali hehehehe).
Karena kita mau menjajah rumah Titin dulu (meet Titin – dia salah satu Sobat yang huebat banget, sering banget datang ke Jakarta malem-malem untuk liat showcasenya Padi), kita naik angkot warna ungu sampai ke perempatan Matahari. Ongkosnya cukup 2.000 rupiah saja. Di situ kita sempet nunggu Titin lumayan lama, yang ada malah kita tertarik buat makan bakso dulu deket situ. Bakso Kosim namanya. Baksonya lumayan enak tapi tempatnya di gang sempit gitu. Ya sepadan ama harga semangkoknya yang 4000 rupiah. Plus teh botol pake es 2000 rupiah. Jadi totalnya 6000.
Peringatan: jangan pernah nyoba saos tomatnya! Ya ampun, rasa dan warnanya ajaib banget (see picture, deh). Tapi karena gue lagi kelaperan, jadi ya abis juga deh bakso dengan rasa ajaib ini. Dengan diiringi doa semoga nanti gue gak jadi pelanggan toilet tentunya.


Kita ke rumah Titin naik ojek. Ongkosnya cuma 3000 rupiah. Tapi pas naek ojek gue langsung aja ngerasa, kayaknya jagoan guedeh naek motornya dibandingin ama tukang ojek. Sori mori nih, Bang! Gak bermaksud meremehkan lho :P Mungkin emang lebih enak nyetir daripada diboncengin kali yah...
Di tempat Titin yang adem, kita ishoma. Yep, bener banget! Kita makan lagi. Hmm, secara gak enak gitu ama nyokapnya Titin yang udah bikin masakan. Gue langsung tertarik ama cumi item-nya. Nyam-nyam, sedap masakannya. Tapi karena gue gak ati-ati makannya, yang ada tangan gue keliatan seperti orang abis ngebengkel: iteeem semua karena tinta cuminya. Yaiks!



Sekitar jam 2 berangkat. Tujuan pertama adalah Banten lama, rencananya sekalian mau sholat ashar n motret benteng Banten. Daerah Banten lama lumayan jauh dari jalan raya utama. Karena susah nyari kendaraannya kita putusin buat carter angkot saja. 30 ribu rupiah dari perempatan Matahari sampai di depan kompleks Banten lama. Jauh juga ternyata. Sepanjang jalan lumayan asik sih pemandangannya. Kita bisa liat sawah yang lagi ijo-ijonya. Trus kita ngelewatin bunker tua yang konon dulu dipakai pas jaman penjajahan Belanda dan Jepang. Ada juga danau – yang sayangnya sama sekali gak menggoda iman buat mampir. Gee, secara dari jauh aja keliatan banget kalo kurang terawat gitu.

Begitu sampe di komplek Banten lama, hoyoy kok kayak gini ya suasananya? Jauh banget dari bayangan gue sebelumnya. Hmm, banyak banget pedagang - dagang makanan, minuman, kembang buat ziarah, baju, vcd (iya vcd, bukan dvd) dll, you name it. Yang jelas bikin ilfil, deh. Kalo pedagangnya rapi dan jaga kebersihan sekitar tempat dagangnya gak pa-pa kali yah? Sampahnya banyak, men. Bikin kotor n suasananya berkesan kumuh gitu.

Udah gitu banyak banget pengemis yang mintanya maksa banget. Duuuh, ternyata banyak banget yang menyalahgunakan tempat ini yah? Maksud gue kalo mau dagang, ok lah. Tapi pengemis? Yang ada ini tuh cuma menunjukkan betapa miskin dan gak punya malunya umat dari agama gue. Hiks, dada gue tertohok banget rasanya. Akhirnya niatan gue buat sholat di Masjid situ jadi hilang deh – ampuni hambamu ya Allah!

Untungnya ada pemandangan yang lumayan lucu yang gue liat. Ada anak-anak kecil yang mandi di kulah depan Masjid. Awalnya rada jijai juga ngeliat merekan mandi di situ. Secara airnya gak jelas gitu warnanya. Ijo kecoklatan gitu. Tapi yang namanya anak-anak gak mikir kali ya. Peduli amat ama kotor, yang penting mah seneng. Eh, begitu penjaga Masjidnya dateng mereka pada lari. Padahal masih pada telanjang gitu. Sementara celana pendeknya ketinggalan di dalam pager. Huehehehe!

Setelah mood lumayan naek, kita menjalankan niat utama kita, dan dengan cueknya kita foto-foto di situ. Hmm, peduli amat ama yang nonton, gak ada yang kenal ini :P Kita semua, kecuali Nina pada bawa kamera atau handphone yang berfungsi ganda sebagai kamera. Jadinya ya gitu, deh. Kalo gak lagi foto barengan kita foto sendiri-sendiri. Narsis abis deh pokoknya.

Sista tuh yang paling semangat motret (motret kita n motret dirinya sendiri). Sampe-sampe pas kita udah jalan ke Benteng, dia masih ketinggalan di depan masjid. Untungnya gak ilang tuh anak.
Sebenernya gue pengen juga naek ke menara masjid. Tapi karena harus membayar sumbangan tidak resmi sebelum naik tower, jadinya males deh. Nilainya mungkin gak material, tapi minta-minta dengan alasan sedekah itulah yang gak gue suka. Masak cari makan aja harus bawa-bawa agama. Kasian amat agama gue. Batal demi hukum, deh. Sekalipun sebenarnya lumayan ngiler pengen ngeliat pemandangan dari atas sana.
Kita jalan kaki ke benteng yang letaknya di depan masjid (ngelewatin lapangan sepak bola). Bentengnya udah rusak berat. Masih keliatan bentengnya, sih. Tingginya sekitar 3-4 meter, dengan reruntuhan batu bata di sana sini. Luasnya... gak tahu. Yang jelas sih ujungnya cuma keliatan samar-samar dari ujung sini.

Ngeliat reruntuhan ini bikin gue ngebayangin, kayak apa sih kehidupan Banten masa lalu? Kalo gak salah benteng ini dibangun pas jaman perjuangannya Sultan Ageng Tirtayasa melawan Belanda (udah Belanda atau masih VOC yah?). Dengan luas benteng seperti ini, mungkin saja waktu itu pas perang seluruh rakyat ikut berlindung di dalam benteng kali yah? Secara perjanjian Vienna belum ada kan? Jadi kemungkinan untuk dibunuhnya rakyat non-militer oleh musuh sangat besar.
Trus kepikir juga, dengan benteng segede ini perangnya kayak apa yah? Perang model film Brama Kumbara atau perang-bego-setor-nyawa kayak di film The Patriot? Atau perang model kuat-kuatan benteng n persediaan logistik? Hmm, gak kebayang deh ih.
Alhasil kita di situ lagi-lagi kita tunjukkan kualitas kenarsisan kita. Foto disebelah salah satunya. Huehehehe. Kurang narsis gimana coba. Btw, ternyata handphone gue lumayan juga yah. Buktinya nih semua foto yang ada disini diambil dari kamera hp, lho. Jadi, kata siapa kamera hp kualitasnya gak ok?

Setelah puas bernarsis ria kita berangkat ke Anyer. Tapi sebelum itu kita ke Cilegon dulu, sholat ashar. However, dari Banten lama ke Anyer kita memang harus ngelewatin Cilegon dulu, kok. Ongkosnya dari Banten lama ke Kramat 3000 rupiah, abis itu ganti angkot ke arah Cilegon. Ongkosnya dari Kramat ke Mayofield 2000-3000 rupiah. Setelah sholat dan pipis (jam sudah menunjukkan pukul 4 lewat banyak), kita lanjutin perjalanan ke Anyer. Naik angkot lagi dari depan Mayofield. Jauuuh banget ternyata. Kita ngelewatin banyak pabrik yang jujur saja gue raguin amdalnya. Mata gue perih, man. Udah gitu baunya gak enak lagi. Weks!


Rada harap-harap cemas juga sih selama di perjalanan. Takutnya gak kebagian sunset. Bo, udah jauh-jauh gitu. Untungnya pas nyaris jam setengah 6 kita nyampe. Sengaja kita milih tempat yang ada mercu suarnya. Keren banget, yah. Udah gitu di situ kita ngeliat ada semacam prasasti atau tugu gitu yang nunjukin bahwa titik ini adalah titik nol kilometer pembangunan jalan raya Anyer-Panarukan. Gee, ternyata di sini ya ujungnya jalan yang dibangun Daendels ratusan tahun yang lalu.
Sekarang ini jadi pertanyaan gue, kenapa ya Daendels memilih titik ini sebagai ujung pembangunannya. Kenapa gak cuman sampai Jakarta aja, atau kenapa gak sekalian sampai Merak? Pasti ada alasan strategis atau alasan ekonomis yang mendasari pemilihan Anyer. Mungkin karena Anyer dipakai sebagai pelabuhan hasil alam Jawa kala itu kali yah. Hmm, sekalipun jawaban gue belum tentu bener yang penting gue sudah pernah mendatangi salah satu tempat bersejarah Indonesia :P

Lalu, seperti biasa kita lanjutin muasin kenarsisan kita, hehehe. Not bad lah... untuk ukuran pemotretan tanpa kamera SLR. Hmm, yang kelupaan tuh naek ke menara suar. Padahal sebelumnya udah pengen, lho. Tapi karena keasikan foto-foto jadinya males deh naik ke towernya. Btw mikir juga, secara menaranya lumayan tinggi gitu.
Setelah puas berfoto-foto (hmm, kayaknya masih ada yang gak puas kali yeee. Lha wong setelah adzan maghrib-pun masih asik foto-foto), kita magriban di mushola situ sekalian makan bekelnya Julia. Ternyata kompleks itu dikelola oleh Dept. Perhubungan, yang jaga ada beberapa bapak-bapak gitu. Abis itu kita balik ke Cilegon.

Kenapa yah perjalanan pulang ini rasanya panjaaaaang banget. Karena gue kelaperan berat kali yah? Sampe keringetan dingin gitu. Untungnya abis itu gue udah ngerasa baikan. Menu makan malemnya: Sate Bebek plus Sop Bebek. Sate bebeknya berasa kayak sate meranggi yang dibumbuin pake ketumbar. Kalo sop bebeknya sih enak banget sekalipun isinya lebih banyak tulang belulang daripada daging bebeknya. Setelah kenyang kita pulang ke rumah Titin. Mandi, trus tidur dengan posisi berantakan. Huehehe, kasian si Titin, kamarnya kita jajah hehehehe.

Besoknya, kita kembali ke Jakarta setelah nyobain satu porsi Bakso Goyang Lidah di depan Mayofield. Seporsi 5000 perak. Nyam-nyam, and we ready to go back to Jakarta :P

6 comments:

  1. jadi kangen pulang kampung ke cilegon... jalan-jalan ke anyer... hiks..hiks..hiks...

    ReplyDelete
  2. Hehehe, pulang aja. Trus bawain oleh-oleh buat saya, hehehehe

    ReplyDelete
  3. Melalui blog ini saya ingin memberitahukan bahwa saya telah kehilangan Laptop HP Presario V3908 no. produk : FK-596-PA no. seri : 2CE-8200-GDH pada tanggal 13 Oktober 2008 sekitar jam 01.00 – 02.00 WIB ketika dalam perjalanan naik bus ARMADA jurusan Kp.Rambutan – Merak.

    Mohon bagi siapa saja yang mengetahui keberadaan laptop ini menghubungi saya.

    Semoga musibah yang saya alami dapat meningkatkan kewasdaan kita dalam menumpang kendaraan umum.

    Pastikan kendaraan umum yang anda tumpangi nyaman dan jauh dari pencuri. Selain itu pelayanan dari penyedia angkutan umum lebih baik dalam melindungi penumpangnya dari segala tindakan kejahatan.

    Mohon membantu saya dengan menyebarkan email saya ke milist anda.

    Marilah kita memerangi pencurian dalam kendaran umum.


    Terima Kasih,


    Yohanes SH

    http://kameradyoyoisme.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. sudah ke bangka belom ? disana katanya pantainya indah seperti di film laskar pelangi.

    ReplyDelete
  5. andaikan sy punya kesempatan utk keliling indonesia sprti kamu...

    ReplyDelete
  6. baksonya pasti pedas ya gan
    poto menaranya juga keren...........

    ReplyDelete