Thursday, April 10, 2008

A Trip to Taman Nasional Ujung Kulon


Rani nawarin buat Trip ke Taman Nasional Ujung Kulon. Meet Rani-temen kostan sekaligus temen gila yang sering banget ngeracunin orang buat jalan-jalan- ;). Awalnya sempet ragu, I dont even know anyone of the trip member. Lagian ini kan acara internal buat Pro Fauna (WAW namanya – Wild Animal Watch). But she ensured me that the trip is open for everybody. Then I tought, why not? Secara gw memang belum ada rencana buat long weekend itu.

Rabu, 19 Maret 2008
Sengaja cuti hari ini. Jaga-jaga kalo ternyata ada barang-barang yang kurang ato belum kebeli. Dan ternyata benar. Setelah hampir sepagian males-malesan nonton DVD sambil packing, gw baru ngecek, celana raincoat gw sobek. Damn! Kenapa sadarnya baru sore? Alhasil jam 4-an gw ngebut ke Outdoor Station di Mayestik. Hmm, Consina merah yang waktu itu ternyata udah gak ada. Tinggal yang abu-abu. Ya udah, toh abu-abunya masih matching ama daypack gw J.
All set at 19.00. Kita jalan diiringi lambaian tangan Sutikno dan Becca. Berasa mau ke medan pertempuran aja. Mana mereka berdua berisik banget, minta dibawain badak lah... Ketemu aja belum tentu... Begitu nyampe Gatsu, lho kok arah Bekasi macet banget? Udah mikir sih bahwa long weekend identik dengan macet, tapi kirain gak bakal sepenuh ini. Udah gitu nyari taksi juga susah. Adanya Blue Bird mulu –secara macet dan jarak lumayan jauh, kita berusaha nyari tarif lama. Ekspress atau Putra gitu. Tapi gak ada yang nongol. Kayaknya kita emang berjodoh ama Blue Bird nih. Sigh!
Setelah mungut Didit (temen sekantornya Rani) di depan KC dan nyolek tukang bakpao, kita masuk tol dalam kota. Dan ternyata kantornya Pro Fauna emang jauh banget, bo. Kemampuan navigasi gw yang emang terbatas langsung idle, gak bisa mendeteksi lokasi, hehehehe. Nyampe sana sekitar jam 22.30. Kenalan-kenalan, nunggu, mikir mo beli nasi goreng atau enggak, packing dan bagi-bagi mobil selesai sekitar jam 01.00. Jam segitu juga kita berangkat, mundur 2 jam dari rencana.













By the way, fenomena dunia sempit ternyata masih berlaku. Jauh-jauh ke Bekasi, gw masih ketemu juga ama Maurin –temennya Rendra yang juga temennya Wukir BHST. Wekeke, such a small world, uh?
Kamis, 20 Maret 2008
Ada tiga mobil yang berangkat. 2 Land Rover seri 2 dan 1 Land Rover seri 3. Total peserta 21 orang. Berdasarkan pembagian mobil, gw ama Rani nebeng di Land Rover-nya Hery Buluk. Bareng sama Ezra, Jaya dan Pak Badrun. Nothing special on the road trip – setelah dua kali berhenti (satu karena ada ban pecah dan satunya entah kenapa), kita masuk Cilegon pas subuh. Belum terlalu nyaman selama perjalanan ini, masih garing aja gitu. No offense ya Pak, untung aja Pak Badrun akhirnya pindah ke mobil lain dan digantiin ama Isal. Kalo enggak, waaah gak kebayang deh betapa garingnya sisa perjalanan. Wahahahahaha.
Perjalanan Jakarta – Cilegon – Anyer – Labuan – Sumur – Taman Jaya kita tempuh dalam 13 jam. Di tengah jalan kita sempet makan. Laper berat, bo. Dan hari gini ternyata masih ada lho makan pake telor dadar, orek tempe, tahu dan kerupuk cuma 2000. Gimana gw gak cinta ama Indonesia coba? Hehehehe. Sempet juga anjrut-anjrutan mini offroad. Seru juga. Coba kalo jalanan lumpurnya lebih panjang. Pasti lebih seru J.
Begitu nyampe Taman Jaya – Pos Polhut TNUK, tepatnya yang pertama kita lakuin adalah bongkar logistik untuk makan. Masak-masak. Menu sore ini ayam goreng, tempe goreng, sambel plus kerupuk. Ada juga pecel. Nyam-nyam, sedap!
Hmm, sempet juga sih ngamatin lingkungan sekitar. Di depan kantor langsung keliatan Selat Sunda dan pantai yang dilengkapi dengan dermaga. Sayang lautnya gak bersih. Perut penuh, agenda selanjutnya nongkrong di tepi pantai. Menikmati senja yang mulai temaram (najis, bahasa gw hahahaha) Dan tentu aja foto-foto mulai dengan pose malu-malu kucing sampe pose narsis jaya. Seru!
Malemnya kita ada diskusi dengan pihak polhut dan narasumber dari IPB – Bu Maria – yang ngebahas tentang Badak’s second habitat. Sekalipun ngantuk, dideketin ama kodok dan parno abis ama nyamuk malaria, gw sempet dapet informasi bahwa populasi badak di Ujung Kulon tuh tinggal dikit banget. Berdasarkan sensus terhadap tapak badak, diperkirakan populasinya tinggal 60-an ekor. Fyi, jarang banget orang bisa ketemu langsung ama badak. Selain hidupnya yang soliter, badak juga males banget ketemu ama orang. Karena itulah sensusnya dilakukan terhadap tapaknya, bukan badaknya dibarisin trus dihitung satu-satu J. Gimana caranya? Bisa aja kan beberapa ekor badak punya ukuran tapak yang sama? Bener sekali. Karena itulah metodenya selain menghitung jumlah tapak, mereka juga menyusuri tapak yang ditinggalkan tersebut untuk mengetahui daerah jelajah badak yang bersangkutan. Biasanya sih badaknya gak jauh-jauh jalannya. Selama faktor makanan dan minuman terpenuhi biasanya badak gak pindah, kok.
Mengingat jumlah badak bercula satu yang jumlahnya tinggal sedikit itu, para peneliti melontarkan wacana untuk membuat second habitatnya. Sekalian buat pengamatan hidup badak gitu, secara selama ini susah banget penelitian dilakukan. Buat mengetahui detail populasi aja belum bisa (mengenai umur dan jenis kelamin badak misalnya). Kandidat daerah untuk second habitat tuh gunung Honje atau gunung Halimun. Tapi ini baru wacana. Kabarnya sih masyarakat Ujung Kulon rada menentang usulan ini. Namun inilah yang dijadiin ‘power’ untuk mengajak masyarakat agar lebih care tentang kelestarian badak. Good idea J
Malam itu gw akhiri jam 21.30. Jarang-jarang nih tidur jam segini, secara biasa ngalong. Hehehehe.

Jumat, 21 Maret 2008
Karena tidur kesorean, jam 04.30 gw sudah bangun. Tapi, badan gw rasanya kok masih lumayan pegel-pegel yah. Akhirnya dengan sukarela gw tidur lagi. Tapi gak lama. Sekitar jam 5 gw dibangunin buat... nyalain kompor. What??? Wuahahaha. Gokil nih anak-anak. Masa nyalain kompor gas yang tinggal ceklek aja gak bisa? Tidak siap menerima teknologi? Era trangia sudah mulai bergeser, nih. Hehehehe.
Rencana hari ini kita nyeberang ke pulau Peucang jam 07.00. Tapi karena masalah logistik kita mundur sampe jam 09.00. Kita naik perahu yang kita sewa dengan harga 1,4 juta. Muat hingga 25 orang. Total biaya yang dikeluarin tuh 1,5 juta. 100rb dipakai sebagai ongkos tambat kapal di pulau Peucang yang terletak di kepala burung Ujung Kulon. Udara yang mendung dan matahari yang gak terlalu terik membuat kita nyaman goler-goleran di geladak kapal, kayak ikan asin. Gw bahkan sempet ketiduran saking nyamannya. My bad, setiap ada di kendaraan bergerak, bawaannya gw pasti ngantuk berat J.
Tengah hari kita nyampe di Peucang. Man, pantainya keren banget. Pasir putih dengan ombak kecil, airnya juga bening banget. Reminds me of Gili Trawangan. Ngiler gw, langsung pengen nyebur. Mengingat gw gak bisa berenang, jadi gw tahanlah keinginan itu. Hiks!

Begitu mendarat kita disambut ama rusa yang imut. Lucu! Kamera, mana kamera? Apalagi setelah itu kita ngeliat ada kancil yang merumput dengan santainya dipinggir lapangan. Obyek bagus, nih. Saking excitednya anak-anak banyak yang gak sadar kali sedari tadi kita nginjekin eeknya rusa. Eeknya bulet-bulet, sekilas kayak eek kambing. Cuma yang ini lebih keras. Berasa nginjek kelereng gitu. Dan ternyata memang lapangan di depan wisma itu memang penuh dengan eek semua. Wahahaha, mau minggir kemana kau?













Weits, waktunya makan siang. Dengan menu ati ampela, sambel plus tempe orek terasa nikmat. Apalagi ditemani ama Kijang yang jinak banget, trus ada juga macaca (monyet berekor panjang yang biasa dipakai buat topeng monyet, tuh.). Tuh monyet ngeliatin mulu makanan kita. Makanya harus ati-ati banget naruh piring. Bisa-bisa direbut ama tuh monyet.
Selesai makan dan sholat kita trekking ke dalam hutan. Gak semuanya ikut, sih. Cowok-cowok lebih tertarik untuk langsung nyebur. Gw juga pengen, sih. Tapi gw lebih pengen ngeliat hutan. Katanya WAW, masa gak liat hewan liar sama sekali? J
Ditemani Pak Tumino (sodaranya to me yes J), petugas polhut, kita menyusuri jalan setapak yang kadang jelas kadang enggak. Seru, secara udah lumayan lama gak masuk hutan. Sepanjang perjalanan kita ketemu ama rombongan rusa, merak, rangkong dan babi hutan. Suara kibasan sayap Rangkong kenceng banget, bo. Berasa ngedenger suara helikopter gitu. Babi hutannya lari kenceng banget melintas di depan kita. Kageeet! Mungkin dia lari malu karena emaknya babi kali, yah? Babi kan haram! Hahahaha, garing!
Selain itu kita juga sempat melihat pohon Langkap (sejenis palma yang bijinya bisa bikin steril tanah, jadi tumbuhan lain gak bisa tumbuh). Kita juga liat Ara pencekik yang gede banget. Yang lebih seru ternyata ujung perjalanan kita tuh Karang Copong yang katanya great spot buat motret sunset. Tanjung kecil yang kita jadiin tempat istirahat keren banget. Dari atas situ kita bisa ngelihat laut berombak lumayan gede dengan dasar yang keliatan saking beningnya air. Pengen nyebuuuuuur!
Pas capeknya rada ilang kita jalan lagi balik ke wisma. Jalan pulangnya kok rasanya lebih jauh yah? Mana Pak Tuminonya sempet nyasar gara-gara banyak pohon tumbang yang menghalangi pandangan dari jalan setapak. Akhirnya track sekitar 6 kilometer itu kita selesaikan dalam 2 jam. Lumayan lah. But, today’s journey is not over yet. Kita mau nyeberang ke pulau Jawa, ke padang penggembalaan Cidaun buat ngeliat Banteng dan Merak makan sore. Cihui!
Setelah istirahat sebentar, kita langsung naik kapal ke Jawa. Gak jauh, gak sampai 10 menit berlayar. Jalan dari dermaga ke Cidaun juga gak jauh. Cuma mesti hati-hati karena jalan setapaknya bolong-bolong, becek dan rada licin. Dan jeng-jeng-jeng, keliatanlah padang rumput itu. Kalo gak liat banyak eek banteng bertebaran, pasti gw udah guling-guling ala film India. Senangnya...
Di ujung sebelah sana ada sekawanan banteng, di sebelah kanannya ada beberapa ekor merak yang... merumput juga? Banteng yang kita liat jauh banget dari yang gw bayangin. Secara, image banteng yang ada di otak gw kan el toro segede gaban yang biasa dipake buat atraksi matador di Spanyol. Eh yang ada di sini gedenya gak lebih dari sapi, dengan warna coklat muda mirip sapi Brahman. Tampangnya juga lumayan ramah. Karena mereka tidak bisa terlalu didekati, beruntunglah gw ama Rani yang bawa Lumix FZ-50. Zoom setara dengan 400mm-nya amat sangat membantu. Ya kan, Ran? J Sementara temen-temen yang bawa SLR malah kesusahan motret gara-gara gak bawa lensa panjang. Yang ada malah ada yang iseng banget motret kita yang lagi sembunyi deket semak- semak. Dasar!

Matahari mulai menghilang, kawanan banteng mulai mengundurkan diri, menyusul merak-merak yang sudah pergi duluan. Hmm, rasanya gak rela. Rasanya masih pengen ngeliat terus. Jangan pulang dulu, dong!

Di pinggir padang Isal nemu tulang belulang banteng yang sudah mati. Ooh, ternyata itu bedanya banteng ama sapi. Tanduk sapi kalo sudah mati kan terlepas tuh dari kepalanya. Kalo tanduk banteng teh jadi satu bagian ama tulang kepalanya. Jadi berasa ngeliat tulangnya setan-setan di film.
Setelah foto-foto di dermaga, kita balik ke Peucang. Baru sadar kalo ternyata listrik di sini tuh terbatas banget. Kapasitas gensetnya kecil, jadi gak bisa dipakai buat masak nasi. Akhirnya kita masak nasi nitip ama awak kapal. Untungnya boleh. Coba kalo enggak, pasti kita kelaperan deh malem itu.
Setelah mandi dan makan malam yang lumayan gelap, ditemani Rusa dan Babi Hutan yang merumput di lapangan, Rani dan Didit ngajakin ke pantai. Semangat 45 gw ngikut. Dan... Subhanallah, Fahri (hahahaha, pinjem kalimat Rani), pantai Peucang malam itu indah banget. Pantai berpasir putih, dengan ombak kecil diterangi sinar bulan sisa purnama. Suasananya damai banget. Spontan gw nyalain MP3 di handphone gw. Dengerin Moondance-nya Jim Morrison (yang dinyanyiin Jonathan Rhys Myers) ganti-gantian dengan Mahadewi dan Begitu Indah-nya Padi. Main air dan kejar-kejaran dengan ombak gak ketinggalan. Uhm, I looooooveeee that night! Seandainya saja gw bisa lebih sering menikmati suasana seperti itu...
Well it’s marvelous night for a moondance
With the stars up above in your eyes
It’s fantabulous night to make romance
Beneath the cover of October skies...
Abis say hi ama anak-anak yang main kartu di dermaga, Rani n Didit balik ke pondok. Gw masih pengen ngeliat permainan Poker anak-anak. Gw baru tahu ada permainan kayak gini, seru juga. Tapi pas ditantangin gw ogah, masih pengen ngerasain sisa sensasi main-main air tadi. Jadi penonton setia aja, deh. Sekalian ngetawain Kang Ebo yang terjebak di perahu karena lautnya lagi surut. Yang gawat tuh pas gw mau berangkat tidur, dueng seru banget suara ngoroknya. Kalo dipaksain tidur di pondok gw bakal melek sampai pagi. Untung ada Maurin yang kebangun, dan akhirnya kita putusin buat tidur di dermaga aja bareng anak-anak cowok. Keputusan yang tepat ternyata. Angin yang semilir, bulan yang bersinar lembut dan suara ombak seolah meninabobokan kita. Apalagi di sebelah masih kedengeran suara anak-anak yang lagi ketawa-ketawa. Dan dengan noraknya gw beberapa kali bangun, cuma buat sekedar bilang: “damn, I really love this night!”, “keren!” atau nyalain satu lagu abis itu tidur lagi.

Hamparan langit maha sempurna
Bertahta bintang-bintang angkasa
Namun satu bintang yang berpijar
Teruntai turun menyapa aku

Sabtu, 22 Maret 2008

Bangun pas masih rada gelap, gara-gara suara awak-awak kapal yang mulai beraktivitas. Mendung bergantung di langit. Cuma kecil kesempatan buat dapet sunrise, apalagi kehalang ama bukit yang ada di pulau Jawa di seberang. Jadinya gw merem lagi. Tapi pas lebih terang gw bangun, pindah tempat bengong ke pantai. Pengen nyebur ke air laut sih, tapi kok ada makhluk aneh yang lagi berenang yah? Bikin ilfil. Apalagi berenangnya cuma pake kancut doang, ngerusak mood deh. Kirain cm gw yang bete. Ternyata hampir semua ngerasain hal yang sama. Tapi sudahlah, mau gimana lagi?
Setelah ngegulung sleeping bag, kita sarapan. Gw nyomot makanan dari piringnya Maurin aja, masih terlalu pagi buat sarapan berat. Lalu mandi. Karena kamar mandi airnya kosong kita jadi ngantri mandi di sumur. Sumurnya lumayan dangkal, gak ada masalah ama timba menimba, tapi tuh sumur terbuka banget. Horor juga kalo tiba-tiba muncul monyet yang ngejilatin piring Maurin tadi. Untungnya gak ada insiden apapun. Segarnya... Ternyata antrian di depan sumur udah panjang banget. Mau mandi semua ternyata.
Setelah packing kita balik ke Taman Jaya. Seperti biasa, begitu kapal berjalan rada jauh gw langsung terkantuk-kantuk. Mending langsung cari tempat rata buat tiduran deh, daripada kejeduk atau nyemplung ke laut. Gw baru kebangun ketika ngerasa sengatan matahari di kulit, kapalnya sedang berbelok rupanya. Kurang ajarnya ternyata anak-anak pada motretin gw yang lagi tewas. Waks, jangan sampai deh foto-foto itu beredar! Awas ya Dit, Maurin, Mitha, Buluk, Rani, Jaya (yang pegang kamera) atau siapapun yang punya kopi foto itu. Jangan sampai beredar, malu bo! :D.
Sampai di Taman Jaya hari sudah siang. Pas mau naik ke dermaga Maurin panik, dia takut banget gak bisa manjat pake tali. Gw sempet jiper, sih. Tapi, ah masa segitu doang gak bisa? Akhirnya dengan dibantu ditarik dari atas ama Isal, gw bisa naik. Untung Maurin juga bisa naik, untungnya banget. Soalnya denger-denger dia sempet berencana buat terjun ke laut aja trus berenang ke pinggir. Hehehehe.
Sore itu setelah beberes gw nongkrong di tepi pantai, mencoba menikmati senja terakhir di Taman Jaya. Sambil dengerin This Time-nya Jonathan Rhys Myers, Belum Ada Judul duetnya Iwan ama Padi, Photograph-nya Jamie Cullum dan Di Atas Bumi kita Berpijak-nya Padi. Eh, ternyata gw bukan satu-satunya orang yang pengen menikmati sore, buktinya gak lama temen-temen mulai nyusul nongkrong di deket gw. Sambil becanda, sambil ketawa-ketawa, sambil foto-foto juga tentunya. Sayang gerimis datang. Rani malah nantangin main air. Rada ragu, sih. Air pantai Taman Jaya kan gak sebening Peucang. Tapi masa jauh-jauh gak basah-basahan sama sekali? Rugi, dong! Nekat juga, sih. Selain agak kotor, pantainya juga berkarang, warna pasirnya juga item, gak menarik deh. Gak heran kalo Ei bilang kita sakit jiwa, hehehehe. Tapi bukannya cuma berdua, Didit yang udah mandi pun akhirnya ikutan sakit jiwa. Gak pa-pa lah kalo sakit jiwanya ramean.
Malamnya kami ditemani hujan mendengarkan cerita-cerita Wonokairun dari Kang Ebo. Sekalipun sudah beberapa kali ngedenger dan baca cerita itu, tetep aja gw ngikik. Jadi inget temen-temen Indi. Kangeeen!

Minggu, 23 Maret 2008

Masih ditemani gerimis kita packing, naik-naikin kerir dan daypack ke atas Landy. Baru keinget, ternyata 3 sepeda yang dibawa jauh-jauh gak jadi diturunin. Gak pa-pa lah, yang penting udah niat. Apalagi saking niatnya ada lho yang sampai pake helm mulu selama perjalanan, kekekeeke. Sekitar jam setengah sembilan kita mulai jalan, setelah didahului foto session tentunya. Kita semua, dengan latar belakang pondok tempat menginap dan tiga Landy yang berdiri dengan gagahnya. Berasa keren, yah? Hahahaha.
Iringan Landy mulai jalan. Mobil Ei paling depan, disusul mobil Buluk dan mobil Kang Dedy. Gerimis dan jalanan becek, Buluk berkali-kali dengan sengaja main lumpur. Dasar! Seru juga, sih. Anjrut-anjrutan gitu. Sayangnya gw gak berhasil motret moment splash, secara Kang Dedy yang mobilnya dibelakang kita nyetirnya safe banget. Garang dikit atuh, Kang!
Rencananya perjalanan ini gak bakalan sampe 12 jam karena kita lewat jalur Pandeglang yang lebih deket. Well, ok! Tapi tiba-tiba aja Landy yang kita naikin mogok. Tadi sempet rada trouble sih, tapi masih bisa jalan. Kali ini mati beneran. Walah, ada apa ini? Akhirnya kita berhenti semua. Ada masalah dengan mesinnya, secara gw gak ngerti mesin jangan harap bisa ngejelasin, apalagi ngebantu benerin. Yang ada kita malah ngemil kerupuk di warung deket situ, motret-motret anak-anak yang ngedorong mobil dan becanda-becanda jayus. Herannya kok nyantai aja yah, dalam kondisi sama di saat lain bisa aja gw bosen total. Efek positif gak adanya jadwal kali yah? J
Dua jam kemudian, kita jalan lagi. Muka-muka yang tadi sempet cemberut cerah lagi. Kita berhenti di Pandeglang buat makan bakso (gratis, thanks to Maurin yang lagi ulang tahun). Lumayan. Yang hebat, tukang baksonya pake PDA waktu ngitung pembayaran, jarang-jarang nih.
Yang bikin gw parno anak-anak berencana buat makan duren, ampun DJ! Bisa pengsan kalo jadi. Untungnya doa gw kekabul, durennya abis. Hahahaha, maaf! Gw tertawa atas derita teman-teman yang gak jadi makan duren. Saking yang punya pengen makan duren, kayaknya mobil Buluk jadi ketularan. Masalah muncul lagi pas di Serang, menjelang masuk tol. Beberapa kali mobil yang kita naiki mogok lagi. Alhasil kita harus dorong-dorong lagi. Untungnya semua orang suka menolong dan rajin menabung. Jadi acara dorong mendorong gak jadi masalah. Udahlah, Luk! Beli durennya di Carrefour aja. Kalo jadi, boleh reimburse ke gw kok J
Di saat-saat mogok seperti ini Kang Ebo dengan Wonokairunnya jadi hiburan. Jadi gak garing-garing amat. Setelah tukeran accu dengan mobil Kang Dedy, mobil bisa jalan lagi. Tapi tanpa lampu. Hmm, ngeri bo. Secara masuk jalan tol gitu. Alhasil kita harus berjalan beriringan, mobil Kang Dedy di depan, mobil Buluk di tengah dan mobil Ei ngasih lampu dari belakang. Untungnya ada HT, jadi setiap manuver selama di jalan tol (untuk ngeduluin truk yang jalannya lambat banget) bisa dieksekusi dengan sempurna. Superb!
Sekali lagi mobil bermasalah, kali ini mobilnya Kang Dedy. Untung gak lama, cukup lah buat seperokokan a mild ;). Kita jalan lagi. Di Karawaci Kang Dedy turun, mobil depan disetir Buan. Untungnya setelah itu gak ada masalah lagi. Sekitar jam setengah sembilan gw, Rani, Didit dan Kang Ebo turun di halte dekat kost. Dengan selamat, dengan cengiran lebar.
U know what I love about this trip? Tanpa ekspektasi, hingga gw bisa bebas berekspresi. Just go with the flow, kemanapun angin berhembus...



Terima kasih banyak buat kalian yang telah memberi warna dalam satu sisi hidupku. Mbak Irma, Ei, Ranu, Ival, Maurin, Mitha, Ria, Mono, Mbak Maria, Didit, Buan, Kang Dedy, Kang Ebo, Raka, Pak Badrun, Isal, Ersa, Jaya, Hery Buluk dan Rani. Terima kasih. Love u all, love u full.
Ps: Jangan kapok bawa gw di trip selanjutnya yah! :)

6 comments:

  1. What a cool place.....!!!

    ReplyDelete
  2. sebenernya masih banyak tempat lain yang jauh lebih indah, sayang gak kepoto. Hehehehe

    ReplyDelete
  3. waw.. kynya seru yaah..
    ditambah ama critanya itong,
    jd bikin lucu wkt dibayangin
    jd pengen ke sana jg..
    hahaha..

    thanks for sharing ur trip!
    bless you

    ReplyDelete
  4. Waaah, terima kasih sudah berkunjung. Seneng kalo ada yang baca trus mau melakukan trip juga. Masih belajar jadi racun juga nih, hehehehe

    ReplyDelete
  5. waduh...viewnya gokil!!!
    mantaep bgt tuh bs merepih alam ke ujung kulon....

    ReplyDelete
  6. Salam kenal mbak. Maaf ya ini bukan iklan terselubung lho. Buat sobat-sobat yang pengen nikmatin keindahan alam Ujungkulon sambil berperanserta dalam uapaya pelestarian habitat Badak Jawa, hubungi aja perwakilan Kagum Ujungkulon di Jakarta. Terimakasih sebelumnya atas penayangan komentar ini. Salam lestari.

    ReplyDelete