Friday, June 12, 2009

Krakatau 5 - 7 Juni 2009



“Krakatau I’m Commiiiiiiing!” itu status gw di FB mulai jumat siang. Wiiih, rasanya gak sabar nunggu malem. Excitement liburannya kerasa banget. Biasa... Selalu gw alami kalo mo jalan-jalan, kayak anak kecil aja yah... Kali ini jalan-jalan nyantai: gak perlu bikin itinerary, gak perlu mikirin makan, gak perlu bawa bekel sendiri, gak perlu masak, gak perlu mikir tar tidurnya gimana... Pokoknya tinggal bawa diri n setor muka doang. Eh, ama bayar juga, ding!

Berangkat dari kost hampir jam 10 malem. Sialnya ternyata cuma tinggal kita (gw, Rani n Iin) yang belom dateng. Padahal seberapa jauh sih Benhil – Parkit? Jadi berasa gak enak... Udah gitu gw lupa lagi tempatnya Achiyat (meeting point-nya), gw malah menunjukkan arah Laguna’s ke tukang taksinya. Waaah, tambah parah. Untungnya gak ada yang ngamuk-ngamuk ama kita. Langsung kita masuk-masukin barang ke bis.


Sempet dikenalin ama Iin ke temen-temen genknya. Namanya siapa aja? Wahaha, jangan tanya. I’m not really good at names. Tapi ada beberapa yang inget kok. Ada Keke, Iping, Tetrin, Nina, Dinda, Lulu, Norman, Tomi, Tito... Trus? Lupa. Hehehe, maap! Eh, ternyata ada juga anak CS yang ikutan. Si Ranie tuh (yang ketemu waktu CS Gathering di Wetiga). Genknya dia ada beberapa orang juga. Puspa, Nia, Ani (yang ini Ani cowok), Ucup ama Indra.


Bus meninggalkan parkir timur hampir setengah sebelas. Langsung masuk tol. Dan gw langsung tidur. Kirain bakal bablas sampe Merak, ternyata mampir dulu di Cilegon buat makan n pipis. Abis itu lanjuuut. Nggak perlu nunggu lama di pelabuhan, bis langsung masuk ke ferry. Seperti biasa semua penumpang langsung disuruh turun dari kendaraan. Masuk ke ruangan AC, ternyata udah penuh. Yaah, gak bisa selonjoran deh. Tapi gw dapet ide buat ngejerin kursi, akhirnya selonjoran juga. Rani ama Iin ngikutin juga. Dan sekalipun gak terlalu nyaman, gw tidur. Tidur ayam, sih. Bolak-balik bangun karena berasa punggung gak enak. Eh, jadi teringat gitu pas jalan ama Djim n Jeng Mir ke Kiluan... Waktu itu kita bandel, tidur di mobil aja karena mobil parkir di dek atas. Jadi kangen :)


Dari pelabuhan, berdasarkan itinerary yang diimel harusnya kita ke terminal Bakauheni trus naek angkot ke Pelabuhan Canti. Tapi ternyata bisnya lempeng aja tuh ngelewatin jalan-jalan kecil subuh itu. Kayaknya ndak jadi ngangkot, nih. Dan ternyata betul sodara-sodara. Begitu bis berhenti ternyata udah nyampe Pelabuhan Canti. Udah hampir jam 6 pagi. Tindakan pertama langsung nyari tempat pipis. Numpang di tempat penduduk, ngantri euy. Secara toilet cuma satu.



Abis itu masukin barang ke kapal. Baru sadar euy, ternyata ada 2 kelompok yang berangkat. Yang satu ya kita, yang naik bis. Yang satunya lagi naik Elf. Kayaknya mereka bayarnya mahalan, deh. Buktinya mereka dapet kapal yang bagusan, hehehehe. Masih pagi, udara yang segar, ombak tenang dan ayunan kapal bikin ngantuk lagi. Alhasil gw tidur ayam lagi.



Sekitar setengah sembilan, kapal merapat di pelabuhan di Pulau Sabesi. Yaaah, ternyata dermaganya beton, udah gitu lumayan jauh dari homestay. Hilang deh cita-cita buat tidur di dermaga lagi. Kayak yang pas di Ujung Kulon itu lho... Begitu nyampe homestay, kita disuguhin nasi uduk. Seminggu gak makan nasi, gw jadi enek gitu makannya. Tumbeeeen! :P Abis makan kita leyeh-leyeh, goleran, pake sunblock, ganti kostum, dll. Karena pengen motret fireworksnya Krakatau, Mas Ridwan (guide kita) ngajakin berangkat rada siangan aja. Biar gak terlalu lama di laut gitu, tar kecapean lagi...


Hampir tengah hari kita baru berangkat. Tujuan pertama pulau Panjang. Perjalanannya ya panjaaaaaang juga. Dan kayaknya ombak mulai gede ya bo. Mulai anjrut-anjrutan gitu. Gwnya sih berusaha buat tidur. Daripada mabok... Kapal berhenti, rada di tengah. Serius nih? Itu kan lumayan dalem bo... Anak-anak sih udah pada langsung nyebur. Gw yang masih ragu-ragu. Nyebur gak yah? Secara terakhir kali gw snorkeling ya yang di Gili itu. Berapa tahun lalu yah? Udah gitu, biasanya cuma renang di Hotel Santika doang. Itupun dalemnya kan cuma 1,5 meter. Lha ini? Dasarnya ndak keliatan bo. Hiiii, syerem. Tapi, masa dah jauh-jauh gini gak nyebur?

Hup, gw loncat (setelah make masker, snorkle n lifejacket tentunya). Snorkel gw ternyata ok juga, langsung nutup pas gw terjun lurus. Jadi gak perlu niup-niup air, bener-bener kering. Ternyata lumayan juga. Arus gak terlalu gede. Sekalipun visibility gak seclear yang diharapkan. Ada ikan kuning kecil, ada ikan biru kecil, ada karang yang bentuknya kayak mawar, ada anemon alus, ada... banyak deh. Gw muter-muter aja di sekitar situ. Pas gw mo pegang karang gede di depan gw, tiba-tiba aja gw didorong ombak dari belakang. Walah, ternyata gw terlalu deket ama karang itu, gak bisa ngerem lagi. Babras deh dengkul gw.


Pas mau balik lagi ke kapal, waaah kok berasa jauh banget yah. Trus ternyata tadi gak terlalu berasa ombak karena gw ngikutin arah ombak. Buat baliknya ya berasa jauh banget dah. Untungnya ada mas-mas yang di sebelah gw mo balik ke kapal juga. “Mas-mas boleh nebeng gak? Gak pake fin nih. Jadi berasa berat ngayuhnya?” untung mas-masnya baik. Thank u yah...

Kita pindah spot, rencananya. Tapi ternyata ombaknya malah tambah gede. Yah, pada ndak berani turun. Padahal katanya Legon Cabe ini lumayan keren buat snorkeling. Yang ada kita malah ke pantai deket situ, trus makan siang. Awalnya Mas Ridwan ngajakin makan di atas kapal ajah. Walah... Mana berani? Yang ada makan trus langsung muntah. Untungnya bapak-bapak ABK menyarankan untuk mendarat saja. Sekalipun susah payah juga sih, secara ombaknya segede gaban gitu. Abis makan anak-anak pada poto-poto. Gwnya males, yang ada cuma maen pasir aja. Hmm, baru notice. Pasirnya item banget bo. Kayak pasir di Parangtritis gitu.

Acara snorkeling hari ini dicukupkan. Udah lumayan sore juga. Kita lanjut ke Anak Krakatau. Ke kaki gunung yang aman, yang gak kena semburan langsung. Lagi-lagi berbasah-basahan. Kamera diturunin duluan, nitip sama ABK yang berenangnya tentu saja lebih jago. Karena gw turunnya belakangan, jadi gak kena basah deh. Ada yang nawarin ojek kano soalnya. Hehehehe, senangnya.



Sampai di darat, seperti biasa ya kita poto-poto. Di depan plangnya Taman Nasional Gunung Krakatau. Dari sini udah kedengeran suara deheman Anak Krakatau. Lumayan kenceng sih. Biar bisa liat puncak gunung kita jalan menembus pohon-pohon. Kirain jalan masuknya bakal jauh banget, tapi ternyata di situ doang yah? Jalan 10 menitan juga sampe. Kirain treking sampe atas gitu. Hmm, karena kondisi Krakatau yang lagi genit-genitnya kali yah makanya kita ndak boleh naik sampe atas.

Semuanya harap-harap cemas menunggu letusan, biar dapet foto yang ok. Lumayan, sih. Ada beberapa yang ok. Kayak gini nih...



Puas motret letusan, kita balik lagi ke kapal. Begitu ngeliat ke langit wow, subhanallah! Keren banget. Ada rembulan yang lagi bulet-buletnya nangkring di atas awan yang mulai kemerahan karena senja. Langsung tancap gas, motret dengan berbagai angle. Wih, alam indah terpampang di depan mata gitu... Gak tau gimana, tiba-tiba gw ngerasa damai, tiba-tiba gw ngerasa terharu... And I feel blessed!





Balik ke kapal, untungnya kali ini gak perlu lagi basah-basahan. Naik kano ajah. Secara udah gelap pun. Mungkin pada takut kita masuk angin kali yah? Next destination? Ngeliat fireworks-nya Anak Krakatau. Ombak masih gede aja, motret juga jadi anjrut-anjrutan. Walah. Udah gitu langit juga mulai gelap. Waah, ndak jadi bagus deh motonya. Sayang...



Perjalanan pulang berasa lamaaaa banget. Mungkin karena udah pada capek kali yah. Makanya begitu nyampe Sebesi, langsung aja makan malem. Berasa bo lapernya. Abis makan baru mandi. Damn, hidung gw mulai gatel. Waaah, masa pilek lagi? Oh iya, sebelum mandi ada anak yang teriak-teriak karena diintipin dari jendela kamar mandi. Dan ternyata yang ngintipin niat bo, pake bawa penopang buat ngintip gitu. Waah, jadi ngeri. Untungnya abis itu penopangnya diamanin ama anak-anak cowok. Bisa mandi dengan tenang deh.

Abis mandi masih sempet nongkrong di pendopo depan. Sebenernya ada acara api unggunan gitu sih. Tapi kok badan gw capek banget yah? Alhasil kita tidur deh. Tidur yang kurang nyenyak, gara-gara ndak kebagian kasur nih. Hiks! Blessing in disguise is, gw jd bangun pagi. Kebagian motret sunrise. Eh, mataharinya baru bener-bener muncul pas jam enam lewat. Siang amat yah?




Abis sarapan kita ke pulau Kumang. Deket sih, cuma sepuluh menit dari Sebesi. Arusnya lumayan kerasa ya bo. Rasanya berenang ndak sampe-sampe gitu. Masker gw jg burem, abis ngelepas masker eh gw ndak bisa masang lagi sambil ngambang di laut. Alhasil, minta didorong deh ama tukang ojek, hehehe. Nyampe kapal lagi sebenernya gw berharap masih ada sisa fin, buat nyebrang ke Kumang. Eh, ndak ada bo. Sial, gimana perginya nih? Berat bo kalo pake kaki telanjang. Untungnya ada tukang ojek lagi. Cihui, diseret deh sampe ke pantai. Oh ya, visibilitynya lebih ok dari kemaren. Yang dilihat juga lebih banyak. Selain ikan kuning ama ikan biru, karang yang bentuknya bunga, dan segerombolan ikan di atas karang, gw juga ngeliat ikan kuning garis-garis item. Lucu euy!


Nyampai pantai kita jalan menembus pohon, ke pantai sebelah sono. Waaaaah, ternyata yang ini pantainya putih bo. Beda banget ama pantai yang kemaren. Dengan batu-batu segede gaban gitu. Kata yang udah pernah kesana, ini mirip Belitung. Begonya gw nggak bawa kamera ke sininya. Wah, dodol juga! Pantai secakep ini ndak bawa kamera ama kacamata. Kacau! Yang ada akhirnya gw cuma nongkrong. Menikmati matahari sambil selonjoran di pantai. Abis itu balik lagi ke kapal, kali ini gw nebeng juga. Hihihi, tebengers sejati nih. Pas di kapal baru sadar kalo selain lutut babras, ternyata kaki gw juga luka. Ngeluarin darah juga sekalipun ndak banyak. Lumayan perih yah.


Kapal balik ke Sebesi. Bersih-bersih, mandi n makan siang. Kenyang, kita ke kapal lagi. Pulang ke Jkt via Canti. Walah, ternyata gerimis... Ombak juga lagi genit-genitnya. Udah gitu di tengah jalan (eh, di tengah laut ding) kapalnya mogok. Gak tau kenapa mesinnya brebet gitu. Udah diperbaikin beberapa kali tapi ndak sukses. Alhasil kapal kita di tarik kapal yang satunya. Ahahaha, jarang-jarang nih naik perahu yang ditarik.

Di dek belakang semua berusaha buat tidur. Awalnya dengan berbagai pose. Gwnya duduk. Lama-lama kok pegel ya bo? Secara posisi pantat ndak enak. Pas di antara 2 kayu. Pantat gw jadi kotak-kotak gitu. Untungnya anak-anak pada bangun, jadi bisa menata posisi ulang. Akhirnya bisa juga gw merebahkan badan. Lumayan lah, sekalipun ndak lama. Yang kasian ya cowok-cowoknya, mereka terpaksa ngalah. Hihihi, maaf ya An, Ndra, Cup...


Di Canti, seperti biasa antri pipis dulu. Sempet ngemil kerupuk juga (ciah... jauh-jauh ke Lampung ngemilnya kerupuk juga. Cemilan yang lainnya ndak usah disebut deh, hahaha). Abis itu kita naik bis, berangkat ke Bakauheni lagi. Sempet mampir dulu di rumah makan padang. Eh katanya makannya dibungkus aja, dimakan di ferry biar cepet. Yang ada malah pada makan disitu semua. Lha, gimana tho? Udah terlanjur dibungkus. Jadinya sempet bengong deh di atas ayunan yang disediain buat anak-anak pengunjung RM Padang. Anak-anak yah? Hahahahha


Masuk ferry, kebagian tempat yang ya ampun banget. Jauh, sempit, susah keluarnya. Mana jalan ke dek atas rada horor lagi. Iuh! Ruangan AC-nya juga gak seasik kapal yang kita naikin pas berangkat. Walah. Padahal rencananya mau tidur. Yang ada ya malah nongkrong, minta-minta foto, foto-foto di luar bengong, ngobrol ngalor-ngidul ama anak-anak, nungguin air toilet mengalir... Akhirnya sampe juga di Merak. Lagi-lagi kita mampir ke Cilegon. Nurunin Mas Ridwan. Abis itu, bablas sampe Parkit lagi jam 12 lewat. Alhamdulillah...


Ps: Eh, gara-gara maen air jadi punya cita-cita baru nih. Beli kamera underwater. Hmm, mahal gak ya? Beli di Sing tar aja aaah hehehehe. Amiiin!

17 comments:

  1. nice post...
    enak nih yang abiz jaln2 ke krakatau
    pengen juga kesana. cz belom pernah kesana.....
    slam kenal ya :D

    ReplyDelete
  2. ajak gw ya sewa mobil, hee...

    ReplyDelete
  3. wah enak yach bisa jalan-jalan menikmati pemandangan dari dekat... melihat kebesaran ciptaan Tuhan...

    ReplyDelete
  4. Terima kasih sudah pada mampir.
    @ Sewa mobil: salam kenal juga! Kalo jalan-jalan kabarin yah...

    @ Rachel: Seru juga kalo mo jalan rame-rame

    @ Noni: Iya. Sampe sekarang masih ngerasa blessed banget kalo ngeliat fotonya.

    ReplyDelete
  5. Manunk2:55 PM

    Itong,

    Salam kenal,nice posting..
    saya ada rencana mo main ke krakatau, minta info sbb dong:
    1. total habis berapa biaya?
    2. di sebesi nginep di homestay, rumah penduduk yg disewain atau cottage? berapa sewanya?
    3. ada contact person sewa kapal sebesi-krakatau nggak?
    tengkyu yaa..,

    ReplyDelete
  6. Mas/Mbak Manunk (maaf ndak tau mau manggil apa),

    Karena kmrn ikut trip-nya temen (kita berbanyak, sekitar 30 Orang), jatuhnya jadi murah. Total 685rb. Itu sudah termasuk bus AC dari Jkt, naek Ferry AC, perahu ke dan dari Sebesi, makan 5 kali, plus perahu untuk keliling (snorkeling dan ke Anak Krakatau). Termasuk nginep juga di Sebesi, kita nginep di homestay. Jadi maaf, aku gak tau nginepnya bayar berapa :)

    Kalo contact person organizer trip kemaren, coba hubungi Mas Ridwan di 0819 056 84938.

    Kalo jadi jalan, ditunggu ceritanya yah...

    ReplyDelete
  7. Btw, kalo gak salah ada yang mau jalan ke Krakatau tar tanggal 3-5 Juli 2009. Kalau tertarik, coba kontak Mas Teguh Sudarisman di 0813 1055 7733.

    ReplyDelete
  8. menarik ceritanya

    ReplyDelete
  9. Menyaksikan Binatang Unik di Cihampelas Bandung

    ika Anda ingin melihat binatang-binatang yang unik dan cantik, Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri atau ke tempat yang jauh untuk menemukannya. Di Bandung, tepatnya di daerah Cihampelas, Anda bisa menemukan berbagai binatang cantik nan unik yang akan menarik perhatian Anda. . . .

    Read More
    http://beritadaerah.com/wisata.php?pg=wisata_jawa

    ReplyDelete
  10. Pagi Yang Cerah di Situ Gintung:.

    Pagi itu aku dan temanku bergegas berangkat dari rumah menuju danau Situ Gintung, sesampai disana aku berjalan berkeliling pulau Situ Gintung yang dikelilingi oleh danau Situ Gintung yang berbentuk huruf U, sambil sesekali mengabadikan beberapa lokasi yang indah bagi saya.

    Read More

    http://beritadaerah.com/wisata.php?pg=wisata_jawa&id=13128&sub=column&page=1

    ReplyDelete
  11. Thanks for the comment! (Sry for the delayed response!) Cool pictures of the volcano, you're really lucky to have seen that! I'll make it down to Indonesia sooner or later. If all goes well, it will be sooner because I may end up moving to HK by the end of this year :)

    ReplyDelete
  12. Hi Tim,
    Cool. Just let me know when you get here. Perhaps I could join you. So many places in Indonesia that I haven't visit yet. A travelmate would be great. Salam!

    ReplyDelete
  13. Hebat salut sama profesinya bisa jalan-jalan terus tuh.... sipp lam kenal


    dio

    raise dbest for your live ever
    http://raisabetet.com

    ReplyDelete
  14. Manteph bgt postnya.
    Jadi pengen banget nih jalan-jalan, apalagi ngedaki gunung.
    Salam kenal ya.
    Jangan lupa mampir ke blog saya ya.
    http://www.bazzkun.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. Nice story...
    Thanks for the sharing sist... ^o^

    Contact person di atas itu contact person penyewa kapalnya ya??
    Saya dan teman2 ada rencana ke sebesi - krakatau - kiluan...
    Tapi masih bingung tentang sewa menyewa kapalnya.. ToT
    Really need information about contact person sewa menyewa kapalnya.. hehehe..

    ReplyDelete
  16. @ Dio : salam kenal juga :)

    @ Buzz : kalo ada rencana jalan-jalan kabarin yah, siapa tau bisa gabung

    @ Ephie : CP di atas mah CP orang yang arrange trip kita ke Krakatau. Kalau sewa kapalnya ke sana daku ndak punya CP-nya.

    Kalo ke Kiluan dikau bisa kontak pak Dirham 081369991340. Kalau ama dia bargain hard ya Sis. Harus detil juga berapa untuk apanya.

    Abis jalan, jangan lupa share cerita yah :)

    ReplyDelete
  17. Waww... Thanks ya untuk response nya.. hehehe.. Sipp.. Ntar kita bagi2 cerita ^o^

    ReplyDelete