Thursday, June 25, 2009

Pulau Seribu 13-14 Juni 2009


Satu minggu dari perjalanan ke Krakatau, ada ajakan main air lagi. Kali ini ke Pulau Seribu. Masih kebawa ama euforia liburan akhirnya gw mengiyakan aja. Secara gw gitu, kan emang murahan banget kalo diajak jalan, hehehehe.

13 Juni 2009, subuh-subuh gw berangkat ke terminal Grogol. Males naek tangga penyeberangan Gatsu, makanya gw milih naik taksi aja. Apalagi kayaknya roh gw belum ngumpul 100%, daripada terjadi apa-apa kalo naik bus. Nyampe Grogol gw bengong. Pada ngumpul di mana yah? Di bawah jembatan penyeberangan sepi-sepi aja. Tengok kiri, tengok kanan. Entah dari mana muncul si Fajar ama Mika (nulisnya bener gini gak yah? Ah, berdasar kaidah Bahasa Indonesia yang fonetis, anggap aja bener). Untungnya... Jadi gw gak perlu bengong sendirian.

Ternyata anak-anak udah pada ngumpul di dalem terminal. Setelah semua ngumpul, kenalan ama yang belum pernah ketemu, kita naik angkot ke Muara Angke. Angkotnya ngumpul di bawah fly over Grogol. Naik angkot pagi-pagi gitu bikin gw ngeliat sisi lain Jakarta. Masih lumayan lengang, bo. Udara juga masih bersih. Seandainya ya sepanjang hari udara Jakarta sesegar itu...

Hap, nyampe juga di Muara Angke. Ongkosnya? Cukup Rp. 4.000 aja per orang. Lewat gang kecil nyampe juga kita di pelabuhan. Gak nunggu lama kita naik ke dek atasnya perahu. Sambil nunggu, seperti biasa kita foto-foto dulu. Hmm, nunggunya lumayan lama juga yah. Kapalnya makin lama juga makin penuh. Ooo, emang biasanya sepenuh ini yah? Kuat juga kapalnya.

Dan perjalanan dimulai. Udah rada siang. Dan gw baru menyadari kebegoan gw. Gw bawa FZ50 gw. Begonya, SD Cardnya ketinggalan. Dodol! Setelah mindah foto Krakatau ke laptop, gw lupa masukin lagi SD Cardnya. Hiks... Mood gw langsung ngedrop! But, come a sweet realisation. Kalo nggak bisa motret di trip kali ini, kayaknya gw harus berganti peran. Jadi modelnya aja, hahaha.

Perjalanan diperkirakan bakal 2,5 jam. Ngantuk, gw menyambung mimpi lagi. Yah... Tidur ayam gitu deh. Setelah melewati Pulau Onrust gw tidur beneran. Tapi tiba-tiba aja gw kebangun. Perasaan bilang ada yang gak beres. Dan bener aja. Begitu duduk gw ngeliat muka tegang orang-orang. What's going on? Aya naon? Ternyata kapalnya terancam buat tenggelam. Pompa air yang biasa dipake buat ngeluarin air dari dalam kapal macet total. Air udah mulai tinggi di dek bawah. Walah... ABK mulai membagi-bagikan life jacket, buat yang di dek bawah terutama. Yang di dek atas ternyata cuma kebagian 4 atau 5 biji. Serius nih? Panik mode on.

Baru sadar, yang gw pake alas tidur tuh life jacket. Langsung gw pake, dan gw bilang ke temen sebelah gw. Gw bisa bawa 2 orang... But, kamera gw. Hiks... Mana lupa bawa drybag lagi. Masih dalam nuansa panik, akhirnya ada yang ngebagiin kotak stereofoam yang biasa dipake buat naruh ikan. Siip, paling enggak bakal bisa ngambang semua asal gak pada panik. Temen-temen se kapal yang kayaknya pada mau diving malah udah pada make BCD-nya. Tambah bikin parno deh. Untungnya skenario buruk yang udah kebayang di otak gw gak kejadian. Pelan, dengan tegang, diiringi doa dan usaha keras Nahkoda dan ABK, akhirnya kapal bisa dibawa merapat ke Pulau Pari. Fiuh! Alhamdulillah! Yay, gak jadi karam kapalnya. Begitu turun kapal, baru keliatan deh. Ternyata orang yang tadi naek kapal banyaaaaaak banget. Hampir dua kali lipat kapasitas kapal yang sebenernya. So much for safety, yah! Mana ada yang mikirin?

Lumayan lama juga kita nunggu di situ. Nunggu kapal diperbaiki ama nunggu kapal yang satunya lagi. Gw sempet makan Indomie. Mika, Fajar ama Jai malah sempet maen bola ama anak-anak SD. Hahaha. Eh, absen dulu yah. Kali ini gw jalan bareng anak-anak Couchsurfing, yang emang pada doyan jalan. Apalagi kalo murah meriah, hehehehe. Kita berangkat ber 17. Fajar, Mika (France), Yannie, Indah, Sara, Mia, Rachel (Malaysia), Lisa (Germany), Jai (India), Dwi, Cowoknya Dwi, Maria 1, Maria 2, Premi, Steven, Uun and Me. Semua lengkap!

Kira-kira satu jam kemudian kita berangkat lagi, naik kapal yang sama. Serius? Iya... Ndak pa-pa kok. Pompa kapalnya udah dibenerin. Penumpangnya juga dibagi 2 sekarang, kapal kita yang tadi ama kapal satunya lagi yang baru dateng dari Pulau Pramuka. Siip lah. Kapalnya jadi lebih lega. Kalo mo tidur juga lebih nyaman telentangnya.

Kurang lebih 45 menit kemudian kita nyame di dermaga Pulau Pramuka. Menara mesjidnya cakep yah... Satu hal yang langsung dilakukan, foto... Hehehe. Abis itu lari-lari ke toilet terdekat. Kebelet bo. Trus jalan lah kita menyusuri sisi luar Pulau Pramuka, menuju penginapan. Lumayan jauh juga, mana panas lagi. Untungnya tempatnya enak. Pemandangan di depan homestay juga lumayan. Laut, dengan Pulau Sekati yang keliatan ijo banget.
Wiiiih, keren!



Makan siangnya di bawah pohon di depan homestay. Menunya? Sayur Asem, Ikan, Kerupuk, ama apa yah? Cumiiiii! Sedaaap. Abis makan kita siap-siap buat snorkeling. Rencana awal mau ke Kotok besar, tapi karena kesiangan jadinya diganti dengan snorkeling di Karang Beras. Kita naek kapal ojek yang spesial kita charter buat nganterin snorkeling. Masuk ke dalam paket Rp. 400 ribu.

Wihiii, keren bo. Jauh lebih keren dari yang gw liat pas di Krakatau. Sayangnya banyak bulu babi. Ngeri... Yah, sekalipun katanya keberadaan bulu babi tuh menandakan bahwa tingkat polusi masih rendah, kalo kena pantat kan lumayan sakit bo. Sendirian gw ke pinggiran. Cakeeep! Begitu sampe rada pinggir gw naek ke atas baru. Tenang... bukan karang yang hidup kok. Ini beneran batu yang boleh diinjek. Eh, ternyata anak-anak malah ke arah sono. Walah. Jauh amat yah? Yang ada abis dari situ gwnya muter-muter deket situ sendirian. Eh, ada Uun ama Maria 2. Ngojek aaaah. Ternyata bapak yang punya kapal keberatan kalo nganterin bertiga. Berat ya, Pak? Kan nggak digendong pak... Hehehe. Alhasil gw nunggu aja di atas kapal, nunggu giliran. Pas bapaknya balik, lho kok dua anak itu ikut lagi? Walah... Yang ada beneran bapaknya kecapekan. Trus anak-anak lain bakal kejauhan banget kalo harus balik ke kapal. Yang ada malah kita yang nyamperin.



Masih belum puas kita lanjut ke Karang Kecil yang deketnya pulau Semak Daun. Sudah bertekad, kali ini harus lamaan snorkelingnya. Untungnya mas-mas yang dari Elang Ekowisata mau nganterin ke spot-spot yang keren. Wiih, subhanallah. Keindahan ciptaanNya emang gak ada abisnya. Ngeliat berbagai macam ikan. Ikan Kuning garis-garis item, ikan item tipis n lebar, ikan berwarna gradasi biru - nila, ikan... waaaah pokoknya buanyak. Gw paling seneng waktu diarahin ke segerombolan ikan. School fish ya nyebutnya? Rasanya kayak pas waktu kecil menang adu layangan. Hahahaha. Belom lagi dengan karang yang warna-warni dengan berbagai macam bentuk. Hmm, tambah bulet deh tekad gw buat beli kamera underwater biar bisa sharing. Sip, nabung dulu yah! Setelah puas muter-muter, gw naik lagi ke kapal. Udah mulai kerasa dingin airnya. Kata masnya, itu karena lagi ada arus dan tempat kita snorkeling itu lumayan dalem, makanya airnya dingin. Ooo... Baru tau gw.


Next destination Pulau Semak Daun. Dermaganya keren, bo. Yang dari kayu gitu. Kalau misalnya nginep disitu, mau deh tidur ngegeletak di dermaganya. Sambil liatin bintang gitu... Sayangnya ndak bisa nginep disitu. Disini kita foto-foto lagi. Biasa, rombongan narsis jaya bawaannya gak tahan kalo ngeliat pantai pasir putih n langit yang mulai memerah. Satu, Dua, Tiga... Got it! Berbagai pose dicobain deh. Dan sekalipun gw gak bawa kamera, tetep aja gw yang kebagian motret. Walah. Kan maunya jadi model aja heheheh

Puas motret-motret kita balik ke Pulau Pramuka. Udah gelap. Yang ada sih sekarang laper banget dan capek. Nyampe di homestay kita ngantri mandi. Secara kamar mandi cuma dua. Sambil ngantri gw nongkrong di depan homestay. Ngeliatin bintang-bintang. Sayang ndak bisa keliatan dari Jakarta. Mungkin kalo Jakarta black out kali yah... eh, gw ngeliat bintang berpindah. Bukan, bukan shooting star. Kalo shooting star kan tracknya lurus. Ini mah belok-belok. Lucu juga.

Mandi, trus makan. Abis makan kita nongkrong aja. Ada yang main kartu, ada yang stargazing, ada yang langsung tepar. Gw capek, tapi blom ngantuk. Makanya baca ajah. Nelanjutin Next sambil dengerin No Boundariesnya Adam Lambert. Eh si Yudi dateng, dia lagi ngambil license diver dari Naui. Akhirnya ngobrol-ngobrol deh ama anak-anak. Capek ngobrol, tidur. Cya tomorrow morning...

14 Juni 2009
Bangun pagi, dibangunin ama Sara. Langsung cuci muka, trus makan. Mandi? Gak perlu ah. Kita kan mau nyebur lagi. Sayang airnya. Hehehe. Jam 8 kita berangkat. Tujuan kali ini disekitar Pulau Air. Sempet gerimis sebentar. Untung pas kita nyampe sana cuaca cerah lagi. Laut lagi teduh, ombaknya kecil. Visibility? Perfect lah. Sumpah, cakep banget. Karangnya keren, ikannya juga lebih bervariasi. Kali ini ditambah dengan 2 jenis bintang laut (biru ama coklat) yang nempel di karang-karang. Keren. Kali ini gw ditemenin ama Bapak yang punya kapal. Dia nunjukin spot-spot yang keren abis. Sayangnya ndak bawa kamera. Padahal indaaaah banget. Ada momen bagus lagi waktu si Mika duck dive. Backgroundnya karang warna-warni, sementara cahaya matahari masuk dalam bentuk berkas-berkas gitu.

Hari pertama kan berlalu tanpa insiden dengkul babras ato luka-luka. Udah seneng nih. Tapi pas hari kedua ini, pas lagi clearing masker gw, didoronglah gw ama Pak Tobing (guide kita) yang mengira gw harus berdiri di atas batu biar bisa clearing. Padahal kan ngambang pake lifejacket aja kan udah cukup... Hiks, ancur deh dengkul kanan gw nabrak batu yang seharusnya gw jadiin pijakan.


Abis itu (sekalipun rada kurang puas sih...) kita lanjut ke spot berikutnya. Kali ini kita berenang di kanal yang diantara Pulau Air. Ngapain? Berenang.... Main-main kayak anak kecil yang gak pernah ketemu kolam renang. Hehehe. Kanalnya keren banget, airnya bening... Gak ada ombak sama sekali. Spot yang paling ok buat foto-foto narsis. Mantap deh! Puas berenang, kita balik lagi ke Pramuka. Foto-foto lagi (teteup), mandi trus makan. Abis makan beberes. Sekitar setengah satu kita ke dermaga. Nunggu sebentar, trus naik kapal ke Muara Angke. Untung kapalnya bukan yang kemaren, untung isinya lebih sedikit. Makanya begitu naik kapal gw tidur. Capek bo... Anak-anak sih pada main kartu. Berasanya gak lama, tau-tau kita udah masuk ke Muara Angke. Alhamdulillah, menginjak daratan lagi. Dari Angke kita naek angkot lagi ke Grogol. Pisahan deh disitu. Trus gw naek taksi bareng ama M Maria 1 yang ternyata tinggal di Benhil juga. Nyampe rumah langsung mikir. Next trip? Hehehe

Ps: Foto-foto courtesy of Indah & Steven, secara cameraless hehehe. Makasih yah...


16 comments:

  1. ngiri kalo ada orang yang sering jalan jalan.....

    ReplyDelete
  2. Sama, aku juga suka ngiri kok. Hehehe

    ReplyDelete
  3. numpang ngiri ya :)
    lam kenal.

    ReplyDelete
  4. Wah pengalaman luar biasa. Saya juga pernah punya pengalaman di daerah Gunung Salak Bogor di kawasan Villa Michael Resorts. Disana saya pernah mengadakan outbond disana dengan villa yang cukup luar biasa sekali, oleh krn itu dapat dikunjungi di :

    http://themichaelresorts.com/

    ReplyDelete
  5. Anonymous2:06 PM

    Pemandangan yang unik dikelilingi oleh wisata alam yang indah

    ReplyDelete
  6. wisata yang menakjubkan

    ReplyDelete
  7. Itu bisa membawa daerah2 ke mata Internasional

    ReplyDelete
  8. @ All: terima kasih udah mampir dan meninggalkan jejak. Salam kenal semua.

    ReplyDelete
  9. browse2 ketemu lagi postingan ini :)
    ajakin dong kalo kapan2 jalan2. i hope ur group is ok with strangers :)

    ReplyDelete
  10. @ Je: emangnya searchnya pake keyword apa kok ketemu gw lagi? :P

    Kalo mau nimbrung, boleh-boleh. CS amat sangat terbuka dengan teman-teman baru. Tanggal 6 Desember, kita bakal ngumpul di kebon raya bogor. Mau ikutan?

    ReplyDelete
  11. isi pulsa12:11 PM

    eh ga bole ngiri lho..

    ReplyDelete
  12. jagan iri lihat orang jalan 2

    ReplyDelete