Monday, August 03, 2009

Travelling Solo to Solo

Senin 20 Juli 2009,

Dua lembar tiket kereta sudah di tangan. Satu tiket Senja Utama Solo (Pasar Senen – Solo Balapan), dan satu tiket Bima (Madiun – Gambir). Ini berarti gak bisa mundur lagi. Semua acara lain weekend ini harus dipending atau dibatalin. Siap lah!

Jumat 24 Juli 2009,

Panik mode on. Secara masih ada beberapa naskah yang harus direview, masih ada report yang harus disubmit, masih harus nganterin naskah buat Hamzah... Mana belum packing lagi. Duuuh! Untungnya semua bisa diselesaikan tepat pada waktunya. Jam setengah tujuh gw dah nyampe kost, langsung packing. Dan ternyata ribet juga yang kalo harus packing dalam rangka jalan-jalan plus kondangan. Beuh, secara biasanya cuman bawa kaos ama celana pendek doang gitu. Hehehe

Rencana berangkat jam 7 berantakan. Yang ada malah sempet makan dulu pake otak-otak bandengnya si Damai. Sempet ngobrol-ngobrol dulu juga. Alhasil baru berangkat ke stasiun jam setengah delapan malem.

Nyampe Senen jam delapan kurang dikit. Sempet ngelesot di depan jalur 3. Ngobrol ama mbak-mbak yang duduk di sebelah gw, niatnya sih cuma basa-basi. Jadinya malah keterusan. Ternyata dia ngantor di gedung yang sama ama gw, udah gitu di bawah manajemen yang sama, udah gitu dia ternyata anak persma juga (gw sempet nginep di Ekspresi pas jaman kuliah dulu), ternyata kita juga mengenal beberapa orang yang sama. Wahahaha, harus diakui ternyata dunia makin sempit ajah...

Jam 20.15 kereta yang mau kita naikin dateng. Bubye sama Dita karena dia duduk di gerbong 5, sementara gw di gerbong 1. Dan kereta berangkat tepat waktu di 20.20. Solo here I come! Untungnya udara lagi gak gerah, cenderung dingin malah. Kereta yang biasanya full packed juga gak terlalu penuh. Begitu duduk, gw langsung tidur. Huaem, emang dah ngantuk dari siang sih.

Beberapa kali bangun, sih. Tapi langsung tidur lagi. Baru bangun beneran pas udah di Jogja. Tengok kiri kanan. Sempet nanya juga ke bapak-bapak di sebelah gw, kalo mau ke Candi Sukuh atau Candi Cetho gimana caranya yah? Rupanya bapak-bapak itu juga nggak tau, hehehe. Gak sampe satu jam kemudian kereta udah masuk ke stasiun Solobalapan. Masih sepi.

Nyantai aja gw jalan ke gerbang depan. Masih mikir nih mau kemana. Keliling Solo dalam kota aja atau jadi ke Candi Sukuh. Masih bingung akhirnya gw malah belok ke kamar mandi umum. Awalnya sih cuma mau pipis ama cuci muka. Tapi begitu liat air ngalir yang ada gw malah pengen mandi. Dan bener aja, abis mandi rasanya lebih seger gitu. Keluar dari kamar mandi ada bapak tukang becak yang nawarin becaknya. Gw nanya, kalo ke Tirtonadi berapa yah? Dia bilang cuma 5 ribu. Yah akhirnya gw putusin buat ke Sukuh aja. Toh titipan udah dikasih ini.

Naik becak gak sampe seperempat jam udah nyampe terminal. Bayar 200 perak buat masuk peron terminal. Pas nanya yang jaga peron dia juga gak ngerti detil buat ke Sukuh. Walah, gimana tho? Ya udah, akhirnya gw tetep berpedoman pada info yang gw dapet di Lonely Planet. Naik Bus jurusan Karanganyar-Tawangmangu, turun di terminal Karang Pandan. Trus naik Elf jurusan Kemuning, turun di pertigaan Kemuning. Abis itu naik ojek atau jalan kaki 800 meter ke Candi Sukuh. Sip lah.

Naik bus, hmm lupa namanya. Bayarnya Rp. 7000. Kirain deket, ternyata lama juga ya jalannya. Sekitar satu jam gitu. Sampe diterminal Karang Pandan udah ada mini bus yang mau berangkat ke Kemuning. Gw amaze gitu ngeliat isinya. Belanjaan dari pasar segabruk-gabruk. Lalu ada bapak dan ibu-ibu yang hampir semuanya udah berumur. Anak mudanya Cuma gw (hehehe, berasa masih muda gitu). Mereka semua tersenyum ramah. Hihihi, senangnya. Mini bus ini bayarnya 2000-3000. Gw turun bareng ibu-ibu yang ramah banget. Dari situ gw naik ojek. PP dari pertigaan ke Candi Sukuh Rp. 10rb. Untung aja gw milih buat naik ojek. Emang sih bener kata LP, Cuma 800 meter doang jaraknya. Tapi kemiringannya bo, hampir 45 derajat gitu. Kalo jalan yang ada nyampe candinya gw pengsan deh.


Candinya masih sepi, baru ada dua orang bule dari Prancis dan pemandunya. Karena masih kepagian (loket biasa buka jam 10-an), gw kasih duitnya ke penjaga yang ada di situ. Tarifnya murah kok. Cuma Rp. 2500 untuk turis local dan Rp. 10rb untuk turis asing. Mumpung masih sepi gw puas-puasin deh motret.


Hmm, ternyata candi Sukuh emang stunning. Enggak, bukan karena kepornoannya yang terkenal itu. Tapi karena bentuknya. Piramid terpenggal itu sama banget dengan piramid-piramid yang ada di Amerika Selatan. Ada hubungan apa yah? Reliefnya juga beda banget ama relief candi-candi di Jawa yang pernah gw liat. Yang ini lebih guntek/bantat gitu. Trus mengenai relief yang menunjukkan bentuk rahim itu. How did they know it? Candi Sukuh kan termasuk candi tua. Masa sih jaman segitu mereka udah tau bentuk rahim yang seperti itu? Gimana caranya? Pernah ada yang melakukan otopsi gitu? Jaman segitu? Aaaah, jadi bingung.


Gw juga sempet naik ke bagian atas piramid terpenggal itu. Beberapa anak tangga ada yang lumayan curam. Nyampe di atas ternyata beneran rata, bo. Sempet juga gw motret di situ. Tapi ya gitu deh kalo jalan sendirian, rada susah gitu kalo mau narsis. Harus pake selftimer mulu, hehehe. Dari atas situ pemandangannya keren banget. Jadi semangat gitu motretnya.

Btw, gerbang utama candi lagi diperbaiki. Jadi gw bisa motret reliefnya lingga-yoni Candi Sukuh yang legendaries itu tanpa kahalangan pager. Yay! Padahal awalnya gw dah lupa gitu. Untung para bapak yang sedang merenovasi candi ngasih tau. Ke Sukuh tanpa ngeliat relief itu katanya gak afdol. Hehehe.


Next destination, Candi Cetho. Awalnya gak pengen ke sini. Tapi kayaknya nanggung juga yah, udah sedeket ini gitu. Nanya-nanya ke tukang ojek, dia minta tambahan 40 rb aja buat nganterin ke Cetho pulang pergi. Ya udahlah. Keputusan yang tepat ternyata. Perjalanan dari Sukuh ke Cetho sekitar setengah jam. Jalannya naik turun, kadang ekstrim gitu naiknya. Udah gitu pemandangan di kiri-kanan jalan adalah kebun teh. Naik motor, udara dingin menampar wajah, pemandangan yang keren banget… Wuih, blessed banget gitu rasanya. Ditambah lagi dengan kabut yang perlahan turun. Seruuuuu! Worth to do again, hehehe.


Nyampai di gerbang Candi Cetho ternyata masih harus menaiki anak tangga yang lumayan curam. Udara dingin, oksigen tipis karena ketinggian, yang ada begitu nyampe di puncak tangga gw ngos-ngosan. Hmm, kayaknya gw harus banyak olah raga deh. Di puncak tangga ada candi bentar segede gaban (yang merupakan ciri pintu gerbang untuk candi-candi hindu). Begitu masuk langsung ada nuansa familiar. Formatnya sama ya bo dengan beberapa pura yang pernah gw datengin di Lombok. Lapangan luas, berundak, di mana tiap undak harus melewati candi bentar lagi. Mungkin bedanya kalau di Cetho, di depan candi bentarnya pasti ada patung kura-kura yang harus diinjak kalo mau naik ke level berikutnya. Berasa seperti naik nirwana gitu.


Nah, bedanya Candi Cetho dengan Sukuh kayaknya sih kalo Sukuh lebih memuja perempuan dengan relief rahim segede gaban itu. Nah kalo di Cetho kayaknya sebaliknya, lebih memuja laki-laki. Terbukti dengan adanya patung lingga gede di level 2. Ada hubungannya nggak yah antara 2 candi itu? Seperti biasa, foto-foto, foto diri sendiri sambil liat kiri-kanan. Eh, ada yang seru nih. Pas gw lagi di level 2 (sendirian bo), tiba-tiba aja gw mendengar suara mendesis gitu. Hiiiii, sempet parno. Tapi setelah diperhatiin, ternyata itu adalah suara kabut yang tiba-tiba aja turun dari atas bukit. Ooooh, kirain ada ular atau apa gitu. Hehehehe.

Gak berasa udah siang banget ya. Mungkin karena nggak ada matahari yang terik. Daripada kesorean nyampe di Ponorogo akhirnya gw minta ojeknya buat nganterin sekalian ke terminal Karang Pandan. Soale kalo diliat-liat minibus jurusan Kemuning-Karang Pandan bakal sering banget ngetem. Cuman nambah 10rb gw diturunin di terminal Karang Pandan. Bus ke Solo belum ada. Eh ada tukang Solop (Bakso di Celop?). Jajan deh gwnya. Secara dari pagi belum makan gitu. Pas naik bis gwnya diliatin gitu ama seisi bis. Pasti gara-gara plastic Solop gw. Hehehe, cuek aja ah. Gak ada yang kenal ini.


Sampe lagi di Tirtonadi. Toilet, mushola lalu dipaksa naik ke atas bus Dahlia Indah ama calo. Sialnya ternyata gw dioper ke bus lain. Dan tiket yang udah gw bayar sampe Ponorogo ternyata cuma dioper sampe Madiun. Sial! Bukan nilainya sih, tapi nyebelin aja kalo ketipu. Udah segede ini pula, masa masih dibegoin orang.

And it was a looooong trip. Turun bus di Madiun, ganti jurusan Ponorogo. Untungnya yang kali ini gak lama. Sekitar jam 5 sore gw udah nyampe terminal Ponorogo. Telp Ari, nunggu sebentar... (bersambung to Nung's Wedding Day)

12 comments:

  1. Wah seru juga kl travelling sendirian,....mmm..gw pernah ke Gunung Bromo sendirian sempat jg sih clingukan tp untung tukang ojek bisa jd guidenya....salam kenal

    ReplyDelete
  2. Wah Mbak hebat juga bisa jalan-jalan gitu. Miss independent nih. Hehe. Saya jadi mau coba. Salam kenal ya mbak. :)

    ReplyDelete
  3. Liburan yang mengasyikkan

    ReplyDelete
  4. @ Genx: terima kasih udah mampir, Mas. Salut ama orang yang mampu naek gunung. Kalo saya mah udah lamaaaa banget enggak. Hehehe
    @ Non Roti: baru belajar jalan-jalan kok. Biar lebih mengenal dunia gitu. Terima kasih udah mampir.
    @ Rudi: iya Mas, asyik banget ninggalin kesibukan sebentar. Makasih udah mampir. Sayangnya fotonya blom sempet diupload lagi.

    ReplyDelete
  5. keren foto-fotonyaaa

    salam kenaaal :)

    ReplyDelete
  6. Sob, mau tukar link?.
    Saya suka dengan artikel2 yang ada ditempat Anda.
    Kalau gitu saya tunggu konfirmasinya di salah satu postingan saya ya sob!.

    ReplyDelete
  7. Wahh...seneng bgd bsa ksana tuh...foto2na jg mnarik n gmbarin keindahan alam bgd.

    ReplyDelete
  8. Owly: terima kasih. Salam kenal juga.
    Adam: nanti kalo sudah sempet pasti di link. Terima kasih sudah mampir.
    All In One Blog: thanks

    ReplyDelete
  9. Fotonya bagus-bagus,,,, mantap banget mbak!!

    ReplyDelete
  10. Asyik... pengen juga travel to solo

    ReplyDelete
  11. *salam sejahtera en sukses selalu mbak... kebanyakan semua tempat/kota di indonesia punya daya tarik sendiri2.... Maju terus Indonesia'ku..

    ReplyDelete
  12. oya lupa,, photo'nya bagus2 :) mampir jg ke cilacap ya mbak...hehe thengkiu

    ReplyDelete