Monday, October 26, 2009

SEA Travel - Day I (Kuala Lumpur)

9 Agustus 2009

Akhirnya... setelah penantian sekian bulan, tiba juga tanggalnya kita jalan-jalan. Yihaaa. KL-Phuket-Phiphi-Bangkok-Sing, here we come!

Sutikno bangunin gw pagi-pagi. Eh, meet Sutikno. Temen se kos yang akhirnya tersetani buat jalan-jalan bareng gw. Nama aslinya sih Tika. Karena dia lebih tua dari gw, harusnya gw manggil mbak. Tapi dulu waktu masih kost di Senayan ada temen se kos yang lebih tua juga tapi terlanjur gw panggil nama. Dianya protes waktu tau gw manggil Tika pake Mbak, tapi gw manggil dia langsung pake nama. Yah, biar sama-sama enak akhirnya gw kasih dia nickname Sutikno biar gw gak harus ngilangin Mbak di depan namanya (Eh, Sutikno itu sebenarnya nama tukang bakso di deket rumah, hahahaha).


Back to the main story, pesawat kita berangkat jam 08.35. Berhubung kita sama-sama belum pernah ke luar negeri makanya kita sepakat buat dateng pagian. Siapa tahu harus ngantri di imigrasi atau di loket bebas fiskal. Jam setengah 6 kita berangkat. Males naek bus airport, kita langsung naek taksi. Untungnya jalanan lagi lempeng, gak pake macet sama sekali.
Begitu nyampe bandara kita langsung masuk ke antrian check in. Lumayan panjang juga yah... Satu backpack gw yang 30 liter, masuk bagasi. Bayar Airport Tax 150 ribu, trus dikasih boarding pass ama kartu Departure-Arrival untuk kepentingan imigrasi. Abis check in kita jalan masuk. Waktu mau ke imigrasi ama petugas kita disuruh ke counter bebas fiskal dulu. Lagi sepi, makanya nggak sampe lima menit juga selesai. Cuman distempel doang di boarding pass ama kartu departurenya.Abis itu kita ke counter imigrasi. Eh disuruh balik lagi karena kartu Departure-Arrivalnya belum kita isi. Hihihi, ya mangap Mas. Kan kita baru pertama kali ke luar negeri. Wajar dong kalo masih norak...

Abis ngisi kartu kita masuk ke imigrasi lagi. Kali ini lancar jaya.
Nyampe di dalem, ternyata ruang tunggunya belum ada yang jaga. Walah, terpaksa kita ngemper dulu. Eh ada vending machine. Kopi, susu, milo. Harganya rata-rata 5 ribu dan 10 ribu. Tapi belinya gimana yah? Setelah membaca intruksi pembelian dengan cermat, dan memasukkan uang 5 ribuan tentunya, akhirnya secangkir milo panas nyampe di tangan gw. Lumayan banget buat ngangetin perut.

Lumayan lama kita di situ. Begitu orang-orang imigrasinya ada, kita langsung ikutan ngantri. Hmm, lancar jaya masuk ke ruang tunggu. Nggak lama kita udah disuruh boarding. Wiii, pramugaranya orang Malaysia semua. Rada gak ngeh gitu kalo lagi ajak ngomong. Hehehe.Btw, chicken lasagna-nya Airasia ternyata lumayan enak. Harganya juga murah.
Sekitar setengah dua belas pesawat udah landing di LCCT. Dari tangga pesawat paling bawah gw loncat, ciaaat! Pertama kalinya gw menginjak luar negeri. Norak? Pastinya, hahahaha. Melewati pintu imigrasi gw cengengesan, stempel arrival pertama nih. Jalannya standar, klaim bagasi trus keluar. Eh ada cafenya Old Town (yang kopi instantnya gw sukaaa banget). Sayangnya lagi ndak mood ngopi. Yang ada kita langsung jalan ke haltenya skybus. Oh ya, lokasi haltenya ada di ujung. Begitu keluar dari pintu arrival, belok kiri ke arah pintu departure, lalu belok kanan. Dia ada di ujung setelah McD dan Coffee Bean.

Tips 1:
Kalo naik Airasia dan beli tiket online, mendingan beli tiket skybus sekalian. Lumayan kan ngirit 2-3 RM. Skybus melayani mulai dari jam 03.30 sampe tengah malem.


Ternyata LCCT tuh letaknya lumayan di pinggiran KL. Perjalanannya sekitar 1 jam. Sepanjang jalan masih banyak keliatan perkebunan sawit. Setelah lumayan bosen jalan (dan menerima undangan mampir ke Brunei dari Ibu-ibu di sebelah gw) akhirnya bus masuk ke pusat kota KL. Skybusnya berhenti di KL Sentral. Dari situ kita bisa nemu segala macem moda transportasi. Ada MRT, Rapid KL dan taksi.
Niatnya begitu nyampe KL gw langsung menghubungi kak Zurin, host gw dari Couchsurfing. Tapi ternyata international roaming hp gw ndak aktif. Kacau, nih. Soalnya ndak enak kalo ngedadak dateng tanpa ngabarin dulu, takutnya dia nggak di rumah atau lagi ngapain gitu.

Makanya begitu nyampe kita nitipin barang di loker yang ada di lantai dasarnya KL Sentral, males bawa backpack gede kemana-mana. Ada 3 macem ukuran locker di situ. Yang kecil RM 2 (bisa langsung masukin 2 recehan RM 1), yang rada gede RM 5 dan yang paling gede RM 10 (harus beli token di Information yang ada di tengah-tengah hall).


Tips 2:
Setelah dapet recehan atau tokennya, masukin dulu barang-barang yang mau disimpen. Lalu masukin token/recehnya, tutup pintu dan ambil kuncinya. Oh ya, sebelum nutup pintu dan ngambil kunci, pastiin bahwa semua barang yang mau dibawa gak ada yang ketinggalan. Soalnya loker ini berlaku untuk sekali buka-sekali tutup. Kalo mau ngambil yang ketinggalan di dalam loker ya bayar lagi. Btw, loker yang RM 2 muat sampe ukuran 30L yang langsing. Posisinya ditidurin gitu.


Kita kelaperan bo! Lasagna-nya gak nendang. Makanya setelah minta Free Map-nya KL (ada tourism center juga di KL Sentral), kita nyari makan. Tapi bingung mau makan apa. Nyari yang pasti-pasti aja deh. KFC jadi pilihan. Walah ternyata KFC-nya beda ama di Indo. Dia ndak pake nasi putih tapi pake nasi ayam plus ketimun 4 slice. Yummy! Tapi... lho kok sambelnya manis gini? Jadi kurang nendang nih. I miss la fonte extra hot!


Abis itu kita nyari SIM Card. Ada counter DiGi di dekat eskalator, harga SIM Cardnya RM 8,5. Setelah beli, nomornya harus didaftarin dulu di counter itu juga. Sip, akhirnya hp gw aktif. Langsung gw telepon Kak Zurin. Ternyata dia lagi di rumah dan langsung nyuruh kita buat dateng. Ya udah deh, kita ambil barang, langsung naik MRT ke Bangsar sesuai dengan petunjuk yang dia kasih.

Begitu nyampe ternyata Kak Zurin tuh welcome banget. Kebetulan juga ada 2 CSers yang lagi nginep di sana. Sempet chit-chat dan ngobrol sebentar. Udah sore, kami gak tau hari ini harus kemana, akhirnya kita nongkrong ke Bangsar Village. Nuansa daerahnya kayak Kemang, tenang, nyaman, banyak expat berkeliaran. Gw butuh kopi, makanya kita mampir ke Cha Wan Cafe, posisinya di pojokan. Chawan Frappenya nendang banget. Ini kali pertama nongkrong di negeri orang, ditemani kopi enak, mencoba menikmati suasana menjelang senja. Enaknya... Abis ngopi kita sempetin foto-foto bego, mumpung gak ada orang ini heheheheh. Malem baru kita balik ke tempat Kan Zurin, cerita-cerita n ngobrol tentang berbagai macam sambil nonton CSI. Waaah, ternyata selera kami sama. Hehehehe

4 comments:

  1. Duh!!!!!!!!!! Enak banget jalan-jalan ke Luar negri!!

    JADI PENGENNN!!!!

    tAPI gimana caranya y!!

    ReplyDelete
  2. top blognya^-^
    mampir2 ke blog saya ya^-^

    ReplyDelete
  3. maksi tips-tips nya..

    ReplyDelete
  4. jalan jalan idaman semua orang dan tentunya belanja ya nggak thanks ya post yang menarik

    ReplyDelete