Tuesday, May 25, 2010

Akhir Minggu di Penang (29 - 31 Januari 2010)

29 Januari 2010

Ini perjalanan pertama gw sendirian ke luar negeri. Latihan doang sih, kan cuma 3 hari 2 malem :) Pesawat mendarat dengan mulus di Penang International Airport.

Setelah melewati imigrasi, gw dengan pd-nya mencari bus bandara dengan mengikuti papan petunjuk. Gampang kok, keluar area arrival langsung aja belok kiri, lurus terus sampe ketemu booth informasi Rapid Penang. Gw naek bus 401A yang menuju Weld Quay Biaya bus ini RM 2,7. Jauh lebih murah jika dibandingin ama taksi (RM 25 - RM 40). Bayarnya langsung masukin uangnya ke kotak, lalu sopir busnya bakal ngasih tiket sesuai dengan yang dibayar.

TIPS 1 : Pastiin bayar pake uang pas, Rapid Penang nggak melayani uang kembalian.

Gak nyampe satu jam bus udah masuk ke Georgetown - ibukota Pulau Penang. Sambil liat-liat peta, akhirnya gw putusin buat turun di halte Kapitan Keling. Keputusan tepat, ternyata hostel yang udah gw pesan lewat hostelworld nggak jauh dari tempat gw turun.

Kali ini gw nginep di Old Penang Guesthouse, ngambil dormitory room - sharing dengan 11 orang yang lain. Tempatnya bersih, kamarnya lumayan luas dan kasurnya emang beneran spring bed yang nyaman ditidurin (bukan sekedar busa tipis bau yang dengan pedenya disebut kasur oleh hostel-hostel lainnya). AC-nya juga dingin banget. Murah banget lho untuk tempat yang semalemnya cuma RM 15 :) Satu-satunya yang kurang dari hostel ini hanyalah kamar mandi dan WC-nya yang cuma satu di lantai 1 (bandingin aja dengan jumlah penghuninya).

Tips 2 : kalo mau nginep di Old Penang, pesennya harus jauh-jauh hari. Sering penuh nih...

Abis check in dan ngeluarin sebagian barang dari back pack gw putusin untuk liat-liat sebentar (FYI untuk perjalanan kali ini gw cuma bawa backpack Karrimor 15 Lt dan tas kamera doang - lumayan menghemat biaya bagasi). Dari Old Penang gw ngambil arah ke kanan, ke arah beberapa tempat yang pengen gw kunjungin. Baru nyadar kalo ternyata Penang panas banget bo. Apalagi jam 1-an begini. Phew!
Gw keliling mulai dari gereja yang ada di ujung jalan, kemudian ke pemakaman (Christian cemetery), kemudian balik arah lagi menyusuri Lebuh Farquhar menuju Fort Cornwalis. Nuansa peninggalan Inggris kerasa banget di sepanjang jalan ini. Tapi nggak segitu spektakuler seperti yang digambarkan di brosur-brosur wisatanya sih...

Lagi-lagi gw harus mengakui kelihaian Malaysia dalam mengemas potensi pariwisata yang mereka punya. Terutama tentang Fort Cornwalis yang mereka klaim sebagai must seen place di Penang. Fort Rotterdam jauh lebih cakep dan nggak seartifisial Cornwalis. Ya ada gw cuma bisa bilang "ya ampuuun, ternyata gitu doang?". Sigh... Indonesia punya jauh lebih banyak tempat cakep daripada mereka. Dari situ gw buru-buru balik ke hostel. Jam 4 ada temen CS yang janji mau jemput buat ketemu anak-anak lain di Festival Thaipusam.

Dengan naik sepeda motor tua-nya Naweed, kita menuju lokasi festival yang ada di kaki bukit. Ternyata sekitar 3 atau 4 kilometer sebelum kuil tempat puncak acara, jalanan sudah dipenuhi dengan peserta fesival. Alhasil kita parkir di sini dan jalan kaki menuju meeting point dengan anak-anak CS.
Akhirnya 7 orang berkumpul : gw, Naweed, Toby, Marian, Michael, Farid dan satu orang temennya Toby. Toby dan temennya mutusin buat liat festival besoknya.

Akhirnya kami berlima mulai berjalan menuju kuil. Sepanjang jalan banyak banget yang mecahin kelapa. Sampe ribuan gitu... Di kiri-kanan jalan banyak yang mendirikan stan gitu, semuanya masang musik kenceng-kenceng. Kawinan di kampung di Jawa kalah deh :) Sempet kepikiran juga sih, segitu niatnya ya mereka ikut festival sampe bikin stan segala... Ternyata hampir semua stan itu ngebagiin makanan ama minuman. Gratis! Lumayan lah, makan malem gratis hehehehe. Oh ya, karena Thaipusam adalah festival Hindu, semua makanan yang dibagiin adalah makanan vegetarian. No worries, pasti halal :)
Gila, ternyata jalan yang harus kita lewatin untuk menuju kuil lumayan jauh ya bo. Kaki gw udah lumayan pegel-pegel nih. Untung festivalnya lumayan meriah. Hmm, kalo mau tau keriaannya seperti apa, liat aja foto-fotonya yah...

Sampai di perempatan jalan (entah apa namanya), Farid dan Michael mutusin buat misah. Mereka mau kembali ke dormnya Farid di USM. Kalau kemaleman mereka ndak bakalan kebagian bus. Ya udin, perjalanan kami lanjutkan bertiga. Nyampe di kuil yang di bawah, gw udah teler. Marian - cowok Jerman yang hobi makan kelapa - mutusin buat naik ke kuil atas. Gw skip. Naweed juga. Kita putusin buat pulang aja. But... Whua, motornya kan parkir di bawah. Hiks, gw harus jalan 3 kilo lagi buat ngambil motor. Naseeb!

30 Januari 2010

Bangun tidur, mikir. What am I gonna do today? Pengennya sih ke Bukit Bendera, tapi dapet info dari hostelier kalo kereta ke atas lagi diperbaiki. Kalau tetep kekeuh bisa trekking sih... Wadaw, kaki gw masih pegel cuy. Yang ada gw kontak si Farid, siapa tau dia ada rencana kemana gitu. Dia mau ke Batu Fehringhi. Mau? Siiip, ngikuuut!

Abis sarapan roti di hostel (eh RM 15 udah termasuk simple breakfast, lho..), gw ke Komtar.
Meeting point ama Farid n Michael. Jam 11 mereka baru nyampe, telat dikit sih. Farid ngajakin makan Nasi Kandar di gang deket pasar. Gw makan nasi, balado terong ama ayam madu. Hmm, yummy... Abis itu dia ngajakin masuk ke pasar. Eh, ternyata ada toko buku bekas di belakang. Waaaah. Harganya gak terlalu murah sih. Tapi lumayan lah. Akhirnya gw beli 1 novel. Trus kita naek bus ke Gurney Drive, iseng. Makanya abis muter-muter sebentar kita naek bus lagi. Kali ini ke Batu Fehringhi.

Kita berhenti di depan Hard Rock hotel. Numpang pipis, lalu terus ke belakang. Nembus kolam renang buat ke pantai. Pantainya biasa aja sih. Panjang sih iya, tapi pasirnya kurang alus. Malah kayak pecahan kaca gitu. Dan kita baru sadar kalo masih tengah hari bolong, kalo mau nunggu sunset, masih lama cuy... Gyahahaha. Yang ada akhirnya kita goler-goleran, maen kartu, baca buku, diskusi bego dan tidur :P Untungnya senja yang ditunggu sampe mati gaya itu emang lumayan cakep. Motret-motret dulu deh.

Abis itu kita jalan menyusuri pantai, menuju halte bis yang posisinya ada di ujung sebelah sana. Keluar dari pantai kita melewati kios-kios yang menjual suvenir di tepi jalan. Biasa aja suvenirnya, makanya gw gak beli apa-apa. Hmm, lumayan jauh juga yah jalannya.

Gak lama kita nunggu, bis yang menuju Georgetown lewat. Waks, kok 90% isinya orang India semua yah? Ooh, mungkin mereka masih mau pergi ke festival Thaipusam. Memang hari ini puncaknya. Widiiih, gak kebayang aja tuh penuhnya bakal kayak apa. Kemaren aja udah kayak gitu.
Kita turun di Gurney Drive lagi. Kali ini mau makan malam. Farid nyaranin Pasembur. Isinya beragam gorengan yang disiram pake kuah kacang. Jadi berasa kayak batagor. Rasanya? Yummy!

Tips 3: cobain makanan di food court Gurney Drive. Tempatnya terbuka, beratap langit. Makanannya enak-enak, murah lagi. Kayaknya ini doang yang bener-bener bisa dipromoin dari Penang, hehehehe

Kita makan sambil ngobrol ngalor ngidul, sampe lupa waktu. Tiba-tiba aja udah nyaris tengah malem. Baru keingetan bahwa busnya mungkin udah abis. Sial. Mana taksi kan mahal banget di sini. Setelah keliling-keliling, untungnya kita nemu bis yang mengangkut peserta festival Thaipusam ke arah Weld Quay, kita bisa ngikut deh sampe Komtar. Masalahnya sekarang macet jaya. Ada resiko Farid & Michael gak kebagian bus yang ke USM. Waduh, harap-harap cemas nih.
Begitu nyampe di Komtar gw langsung dapet bus yang lewat Lebuh Chulia, deket banget ama hostel. Yang kasihan ya mereka berdua. Untungnya nggak lama kemudian Farid sms, ngabarin kalo mereka udah otw ke USM. Lega deh. Mandi, trus cepet tidur karena besok harus bangun pagi ngejer pesawat.

31 Januari 2010

Begitu bangun gw langsung mandi. Untungnya kamar mandi lagi kosong. Sarapan sambil ngobrol ama Michi, traveler solo dari Jepang yang juga mau check out buat ke Langkawi. Giling bo, bawaannya dia segabruk bener. Padahal orangnya kecil. Jadi tenggelam gitu di antara kerir segede gaban, daypack ama satu sling bag berisi laptop. Ckckckck.

Abis sarapan dan mengambil deposit di resepsionis, gw check out. Trus jalan ke Lebuh Chulia, naik bis ke Komtar trus nunggu bis 401 jurusan Bayan Lepas. Waduh, gak ada jadwal pasti bisnya bakal dateng kapan. Gw sempet rada parno, takutnya karena ada Thaipusam and all jadwal bisnya bakal berantakan. Eh ternyata ada yang lebih panik. Pasangan suami istri India yang mo terbang ke Sing, flight-nya 45 menit lebih cepat dari gw. Untungnya 10 menit menit kemudian bisnya muncul. Lega deh... Oh ya, busnya bukan 401A. Cuman 401 aja, makanya jalurnya rada beda. Lumayan lah, detour.

Nyampai bandara... Ya ampuuuun, antri check in-nya panjang banget. Mana gak ada no baggage check in lagi. Duh sebel! Kelar antrian yang panjaaaang itu, gw langsung ke imigrasi. Untungnya cepet. Untungnya lagi pesawatnya on time. So, good byee Penang! 1st solo trip to abroad succeed! :)