Monday, May 31, 2010

Law Abiding Citizen


Release Year : 2009
Cast : Jamie Foxx, Gerard Butler
Director : F. Gary Gray

Tengah malem, seperti biasa ketika sulit tidur, gw mengais-ngais di tumpukan DVD. Berharap menemukan film yang belum sempat tertonton atau film yang pengen ditonton lagi. Kali ini Law Abiding Citizen yang ketemu, kebetulan belum pernah nonton :)

Film dimulai dengan adegan pembunuhan yang menjadi akar cerita. Sebelum pingsan, Clyde Shelton (GB) harus melihat istrinya ditusuk dan diperkosa, serta anaknya dibawa entah kemana. Adegan selanjutnya langsung loncat pada hari ketika Nick Rice (JF) petugas dari kantor DA mendapatkan deal untuk pengurangan hukuman ditukar dengan pengakuan atas kasus pembunuhan anak dan istri Shelton. Dengan deal ini, Darby - tersangka utama - bisa menurunkan dakwaan dari murder I ke murder III, sementara Ames -kaki tangannya - mendapat hukuman mati. Shelton jelas nggak setuju, tapi Rice kekeuh. Mending dapet ini daripada lo nggak dapet apa-apa, begitu inti ucapannya. And the deal is done.

Tidak puas pada sistem peradilan yang ada, Shelton menyusun rencana untuk menghancurkan sistem. Sepuluh tahun kemudian dia melaksanakannya. Menukar obat hukuman mati Ames to get a very painful death, membunuh Darby dengan sadis, kemudian membalikkan segala jargon hukum yang pernah dikeluarkan oleh Rice dengan membuat berbagai macam deal (ditukar dengan ancaman pembunuhan lain). Rice panik dan kebingungan. Sampai akhirnya dia tau bahwa Shelton adalah kontraktor Dept. of Defense - otak dibalik beberapa pembunuhan cerdas yang dilakukan oleh para spy.

Rice melakukan segalanya yang dia bisa, tapi Shelton memang telah merencanakan semuanya. Rice harus ikut permainan Shelton, dan dia tetap kalah. Dia harus kehilangan orang-orang yang dekat dengannya - orang yang terkait dengan kasus Shelton. Sampai pada percobaan penghancuran yang terakhir. Ketika Rice berhasil menemukan bom yang ditanam Shelton untuk membunuh walikota dan memindahkannya ke sel Shelton. Dan semuanya selesai ketika Shelton menyerah.

Awal filmnya lumayan bikin shock, sadis bo. Satu hal lagi yang bikin surprised, gak nyangka kalo Gerard Butler yang akting cowok slengekannya di PS: I Love you, The Bounty Hunter dan Ugly Truth lebih melekat di otak gw (dibandingkan akting seriusnya di 300), ternyata bisa menampilkan sosok Shelton dengan ok-nya. Sukaaa :) Aktingnya si Jamie Foxx yang malah kurang ok. Ketakutan bahwa keluarganya akan disakiti kurang ngreget. Masa cuman gitu doang sih?

Udah gitu ada beberapa hal yang bikin kurang sreg. Misalnya karakter Chester (pacarnya Sarah Lowell yang ternyata mengetahui sejarah Shelton) atau kekurang hati-hatian Shelton dalam membuat terowongannya (seorang pemikir seperti dia kan harusnya punya 'alarm' atau apalah gitu yang bisa mencegah orang masuk ke terowongannya). Udah gitu gw juga gak suka endingnya, to easy dan terlalu antiklimaks untuk cerita yang sudah dibangun dengan sebegitu apiknya. Gak nendang gitu.





9 comments:

  1. Hasilkan uang dari blog anda dengan ikutan Program Afiliasi belbuk.com.
    Belbuk.com merupakan layanan toko online indonesia yang menjual produk buku dan majalah.
    Komisi penjualan 5% dari setiap pelanggan yang berbelanja dari referal website/blog anda.
    Selamat bergabug..

    ReplyDelete
  2. cccciiippp...!!!nice post

    ReplyDelete
  3. Berkunjung menjalin persahabatan, membina silaturahmi dan membangun jaringan pertemanan.

    Salam Hangat dari : Kopi Tribulus

    ReplyDelete