Tuesday, September 07, 2010

Another Solo Trip (KL - Manila - Coron - Kota Kinabalu) Part 2 - KL to Manila

18 April 2010

Pesawat jam 7 pagi. Jam 3 gw udah bangun, teler euy. Jam 3 sini kan berarti jam 2-nya Jakarta. Langsung mandi biar seger. Ujan deres banget ternyata. Gimana caranya nyari taksi yah? Pas di resepsionis, ternyata mas-mas yang tadi pagi udah nulis di message board bahwa gw bakal butuh taksi subuh itu dan dia minta security yang jaga buat nelponin taksi. Tuh kan, selain cakep mas-mas itu juga baek...

Nyampe di KL Sentral gw langsung naek Skybus. Kayaknya gw senyum lebar banget waktu nunjukin karcis bus gw deh, hahaha. Ujan deres masih berlanjut... Sempet worried juga sih kalo harus terbang dengan cuaca seperti itu. Untungnya pas boarding, cuaca udah mulai cakep. Sepanjang perjalanan ke Clark pun cuaca cerah. Makanya pesawatnya ngebut dan landing 37 minutes ahead of schedule.

Diosdao Macapagal International Airport (DMIA) lagi dalam proses renovasi. Makanya fasilitasnya masih belum terlalu cakep. Imigrasi lancar jaya. Begitu keluar gw mikir, mau naek jeepney ke Dau, trus disambung bus ke Pasay - Manila atau langsung naek bus Philtranco. Perbandingannya kalo naek Jeepney ke Dau + Victory Liner ke Pasay abisnya sekitar PHP 225. Kalo langsung naek Philtranco harus bayar PHP 350. Karena masih ngantuk dan cuaca di luar panas jaya, akhirnya gw putusin buat naek Philtranco aja jadi gw bisa lanjutin tidur. Gyahaha, gw baru sadar kalo setirnya bus ada di kiri dan pintunya ada di kanan. Malu lah gw yang dengan pede segunung menuju sisi kiri bus.

Sepanjang perjalanan gw tidur. Baru kebangun pas udah masuk Manila. Ckckckc, ternyata Manila semrawut gitu yah. Kabel listrik di mana-mana. Mana kusem lagi. Hmmm... Dari Malate gw naek taksi ke hostel Friendly's di Malate. Ongkosnya PHP 120. Begitu masuk dorm-nya, jiah... Degradasi banget kalo dibandingin ama Backhome. Ah, cuman semalem ini...

Abis naruh barang n ganti baju, gw jalan ke Intramuros. Naek Jeepney (akhirnya keturutan), jurusan Pier 15 trus turun di depan jalan ke Manila Cathedral. Cuma PHP 7, murah. Ada yang unik pas naik jeepney. Karena jeepney lumayan panjang, kalo mo bayar kita tinggal bilang "Bayar po!" trus ngasih duitnya ke orang di depan kita, yang nanti diestafetin ke sopir-nya. Kembaliannya bakal kita terima dengan cara yang sama. Repotnya kalo pas duduknya deket sopir, berasa jadi kenek gitu hehehe.



Manila Cathedralnya emang cakep. Sayangnya lagi ada misa. Makanya ndak boleh motret di dalem. Dapet eksteriornya doang deh. Puas motret, gw jalan ke Fort Santiago. Gak jauh. Muter-muter di situ, trus mampir ke Rizal Shrine. Gw suka koleksi di dalemnya. Yang paling berkesan ya diaoramanya, ada gambarnya Rizal yang entah lagi nyanyi atau lagi teriak. Yang jelas, mukanya jadi mirip banget ama tokoh telenovela gitu :P

Pas mau keluar gw ngikutin jejak kaki di aspal. Trus tiba-tiba dikasih tahu ama mas-mas gitu. "Don't follow those steps, Sis!" "Why?" kata gw. "Those are the last steps of Rizal, on his way to his execution place." "Auch!" langsung gw minggir. Si mas-mas itu cuma ketawa. Dasar!



Niatnya sih abis itu masih mau jalan ke San Agustin Church. Tapi ternyata sama aja. Masih ada mass, jadinya ndak bisa masuk. Ya udin, balik ke hostel aja. Naik jeepney lagi. Pas di tengah jalan gw ngeliat Manila Bay. Alhasil turunlah gw dan nongkrong di pinggiran Manila Bay. Makan gorengan sambil nungguin sunset yang untungnya cakep. Secara... Manila Bay kan kotor n bau :P

Abis itu jalan lagi, nyari makan malem. Sialnya sandal gw putus. Yaaaah... Jalanlah gw malem itu terseok-seok. Daerah Malate dan Ermita yang gw lewatin dalam perjalanan dari Manila Bay ke hostel ternyata baru bener-bener hidup saat matahari tenggelam. Cewek-cewek udah mulai dipajang, baik di pinggir jalan maupun di dalam ruang berkaca. Mau gak mau gw miris sendiri...

1 comment: