Monday, March 14, 2011

Menyusuri 3 Kota Laos I


Pre-Departure

Pesawat ke KL berangkat pukul 06.25 besok pagi. Tapi jam malem gw masih di kantor. Mondar-mandir dari Lt. 31-32 buat nyelesaiin pendingan kerjaan. Resiko mau ngambil cuti seminggu nih…

Sampai di kost jam 11 malem, langsung packing. Sebenernya lumayan capek sih, pengen tidur. Tapi karena takut kesiangan, yang ada gw begadang semaleman. Oh ya, seharusnya sih kita berangkat malem ini jam 11. Dengan penerbangan ke Vientiane jam 8 pagi, kita berencana nginep di LCCT. Tapi flight ke Vientiane dimundurin ke jam 13.40. Sempet bepikir buat nginep semalem di KL sih, tapi kok ya sayang spending duit hotel yang gak perlu. Pas ragu-ragu gitu, call center AA nelepon. Pas gw nyoba minta penerbangan JKT-KL dimundurin ke minggu pagi, eh dikasih. Aseeeeek! :)

Sabtu, 22 Januari 2011
Ketemu ama Mbak Lely di bandara (meet Mbak Lely-temen sekantor yang jadi travelmate gw kali ini). Flight JKT-KL-nya ontime, lancar (bumpy dikit gak diitung deh, ketutup ama landing-nya yang muluuuuuus banget-jadi bangga ama pilot Indonesia hehehe). Rencananya sih mau makan dulu baru nyari Ratih, Fahmy n Nourma (travelmate yang lain, mereka berangkat sesuai itinerary awal – nginep di bandara). Pas lagi jalan ke food garden eh ketemu ama Nourma. Alhasil kita belok ke Spice of Asia deh, nyamperin Ratih n Fahmy.

Bolak-balik ke KFC tapi menu makan siangnya belum ada (sampe akhirnya bt n mutusin gak makan KFC), makan, bengong, tiduran, sampe akhirnya terbang juga kita ke Vientiane. Pesawat penuh, sekitar 90% isinya bule. Gw langsung ngiri gitu… Kapaaan ya flight ke Indonesia isinya 90% orang asing? Kebayang dong betapa bakal majunya pariwisata Indonesia…

Pesawat mendarat rada telat dari jadwal, untungnya gw duduk di depan dan ada iPod. Konon ceritanya bagian belakang berisiiiik banget. Udah gitu banyak bule yang berdasarkan baunya bisa dituduh belum mandi beberapa hari. Hahahaha…

Imigrasi lancar, ya sekalipun rada lambat petugas visa on arrivalnya. Pertama yang kita lakukan adalah nuker duit di bandara. Keputusan tepat ternyata, karena sepanjang perjalanan di Laos kayaknya rate-nya money changer di Wattay ini yang paling bagus. Dari bandara kita naek van ke kota. Tarifnya flat. Dengan jarak yang gak terlalu jauh, sebenernya van ini mahal juga. Tapi karena kita berlima, jadi ya lumayan lah!

Turun di Mixay Guesthouse, ternyata kamarnya penuh semua. Alhasil kita kudu jalan door to door buat ngecek kamar yang kira-kira sesuai harapan dan budget kita. Pas di Mixay Paradise, ternyata hanya tinggal 1 kamar tersisa. Dilema nih, kamarnya lumayan murah dan bersiiih banget. Karena Ratih n Fahmi bilang gpp, makanya kita putusin buat ambil kamar ini aja sementara mereka nyari tempat lain. Dengan 125.000 KIP semalem, kita dapet kamar bersih n lumayan luas dengan twin bed+AC+Hot Shower+TV. It was a steal, compare to the neighborhood. Eh satu lagi, sarapannya gratis juga… Recommended deh!
Mixay Paradise


Ternyata anak-anak belum dapet hostel. Jyah, kirain… Jadinya kita keliling-keliling dulu di sekitar hostel, ngeliat Wat Mixay yang pas di depan hostel sama Wat (entah apa namanya… di belakang hostel). Sempet juga beli kue buat ngeganjel perut yang keroncongan. Gila ya, kue-kuenya kayak di Indonesia banget. Rasanya juga sama persis. Hmmm, kok bisa?

Setelah mempertimbangkan banyak hal, mereka dapet hostel pas di sebelah hostel kita. Mempermudah koordinasi nih… Abis mereka check in kita cari makan. Jalanlah kita ke arah Mekong. Ada tukang makanan di depan minimarket. Iseng pesen, eh ternyata lumayan enak. Murah lagi, seporsi padthai 13.000 KIP. Isinya banyak, bumbunya berani, ayamnya juga segabruk. Yummy! Apalagi ditemani sunset pertama di Laos yang wow banget! Di deket situ ternyata ada pasar malam juga. Aseeek! Hasilnya sebuah kaos seharga 35.000 KIP dan selembar syal seharga 15.000 KIP jadi koleksi.

Hari pertama ini kita akhiri dengan membeli tiket bus buat ke Luang Prabang. Ada beberapa macem bus yang jalan ke LP. VIP, AC ama Ordinary. Karena perjalanan panjang (lebih dari 10 jam) makanya kita putusin buat beli yang VIP. Belinya di Mixay Paradise juga, karena dibandingan dengan agen tiket disekitar situ, dengan 130rb KIP, dia kayaknya paling murah deh.

11 comments:

  1. Hi Itong, ini nia temennya maurin. Kita pernah ketemu di planet diving. Lg browsing2 perjalanan ke Laos, ga taunya menemukan blog ini, lanjutin dong ceritanyyaaaaaa.........hehehe

    ReplyDelete
  2. Eh hi... Seneng bisa membantu. Nanti malem insyaallah yang day 2 diupload, tapi dari rumah hehehe. Btw, ini Mbak Nia yang cerita soal wreck dive di Karimun Jawa yang serem itu bukan sih? *maap, lupa :P

    ReplyDelete
  3. beettuullll sekaalliiii mbak itong ^^

    tak tunggu lanjutan ceritanya, rencana pengen kesana november. Msh bingung rutenya mw lewat bangkok trus naik kereta expres atau seperti dirimyu dr kuala lumpur

    ReplyDelete
  4. uummmmm Phillipne bagus jg yah, ada pesawat murah ga kesana? :D

    ReplyDelete
  5. Ehehehe, inget sekarang. Maap, tadi malem belom sempet upload, ada masalah dengan koneksi internet di rumah.

    Kalo ke Laos, banyak banget rute yang bisa diambil. Kalau cuman pengen ke Luang Prabang - Vangvieng - Vientiane, biar gak bolak-balik sih mending naek pesawat dari BKK ke Luang Prabang, trus overland ke VV trus ke VTE.

    Philipines: banyak tempat bagus emang. Untuk JKT - Manila : ada Cebu Pacific (www.cebupacificair.com). Pantengin web-nya aja, suka tiba-tiba diskon kok. Alternatifnya naek AA JKL-KL-Clark (sekitar 1,5 jam dari Manila).

    Untuk flight lokalnya, banyak. Ada cebu juga, ada PAL, ada Zestair, Ada PalExpress

    ReplyDelete
  6. seru jeng perjalananmu, lbh lengkap dr Mantos secara dia jualan buku ya jd ga mgkn diceritain detail di blog hehehe

    Laos di kandidat pertama deh, baru Philippines. Btw, dtg ke deep indo?

    ReplyDelete
  7. asik juga nih bisa jalan2 kesana +1

    ReplyDelete
  8. pengalaman seru ya bisa melakukan perjalanan di ke luar negri.
    semoga ntar saya juga bs jalan2 ke luar negri, pengennya bisa Ke Korea.. haha..

    ReplyDelete
  9. mbaknya ini uda pengalaman backpacker kyknya, boleh nih blajar :D

    indovision

    ReplyDelete
  10. kalo laos ama thailand, bagusan mana sist ?

    Frefrebabyclothing, kami menjual pakaian bayi model Frefrebabyclothing, baby jumper, pakaian bayi
    , baju bayi, t-shirt bayi, t-shirt anak
    , jumpsuit, longsuit Tersedia lebih dari 300 design, dengan 144 kombinasi warna..
    Terima dropshiper reseller..

    ReplyDelete
  11. betul mbak kamarnya bagus
    apalagi dapat garatis sarapan

    ReplyDelete