Wednesday, March 16, 2011

Menyusuri 3 Kota Laos II

Minggu, 23 Januari 2011

Bangunnya kesiangan. Udah lewat jam 8. Males-malesan kita mandi, trus sarapan. Hmm, menunya simple. Tapi lumayan lah buat ganjel perut. Abis sarapan dan poto-poto bego, kita packing trus checkout. Sementara backpack kita titipin di Mixay Paradise (gak pake bayaaaar :D).

Anak-anak yang nginep di Youth Inn 2 ternyata baru pada mandi. Alhasil kita nungguin mereka dulu. Pas mereka kelar, eh ternyata belom pada sarapan. Walaaaah, padahal hampir jam 12 siang. Hmm, dengan resiko telat berangkat ke Luang Prabang, akhirnya kita mutusin gak jadi ke Budha Park. Mending naek sepeda keliling kota. Sambil nunggu anak-anak sarapan, gw ama Mbak Lely keliling duluan. Tapi demi kekompakan, kita balik lagi ke hostel biar bisa keliling bareng anak-anak :D

Sewa sepedanya di Youth Inn 2, harganya 10rb KIP per sepeda/hari. Lumayan murah. Kita sewa 4 sepeda, si Norma dibonceng ama Ratih. First stop : Namphu Fountain - cuman taman air mancur di tengah taman kecil. Udah gitu air mancurnya gak jalan. Jyahahaha, untungnya ada beberapa restoran Skandinavia di pinggir taman yang lumayan buat obyek foto. Dari situ kita susurin jalur satu arah ini. Oh yah, kendaraan jalannya di sebelah kanan. Jadi rada kagok pas mau beloknya hehehe.

Second stop : Patuxay - monumen dengan taman lumayan luas. Niatnya sih dijadiin sister-nya Arc de Triomphe (nulisnya bener gak yah?). Tapi ornamen yang ada di Patuxay ini oriental banget. Naga, dewa-dewi trus tokoh-tokoh pewayangan a la Laos gitu... Kita boleh naek ke puncaknya dengan membayar 5000 KIP (kalo gak salah). Lumayan kalo mau liat jalanan lebar-lurus yang tadi kita lewati. Di ujung sono kita bisa ngeliat Istana Presiden.

Patuxay - detil ornamen dan view dari puncak


Puas foto-foto dan makan pad thai di bawah Patuxay, kita lanjutin sepedaan ke Pha That Luang Eh, pas mau keluar dari Patuxay Park kita nemu Gong Perdamaian sumbangan dari pemerintah Indonesia. Eh, ada kembarannya lho di depan Makam Bung Karno di Blitar. Foto-foto lagi deeeh hehehehe.

Luruuus kita nyampe That Luang. Salah satu monumen penting buat Laos kayaknya. Karena panas jaya abis sepedaan, gw males masuk ke dalem. Yang ada kita malah foto-foto ama anak kecil di taman depan That Luang. Daaan, foto loncat tentunya :P

Dari That Luang kita menyusuri kembali jalan yang tadi, ngelewatin Patuxay lagi mau ke Haw Pha Kaew. Di tengah jalan kita sempet mampir ke That Dam, stupa hitam tua yang ada di tengah jalan deket kedutaan Amerika. Setelah foto-foto, lanjut lagi.



That Luang - That Dam - Haw Pha Kaew

Haw Pha Kaew (yang di depan Wat Si Saket dan di sebelah Presidential Palace), tiangnya kereeeeeen banget. Mantep buat foto-foto. Di dalemnya ternyata biasa aja, cuman ada Budha gede dan beberapa peninggalan kuno terkait agama Budha.

Abis dari situ kita lanjut, belok kanan ke arah Mekong. Eh, ada patung segede gaban di pinggir kali. Gak mau rugi, kita foto-foto dulu di situ. Sekalipun panas jaya... hehehe. Lanjut lagi, kita putusin buat late lunch. Tapi bingung mau makan di mana. Eh, ada Via-via resto. Dia punya makanan Italia yang enaaaaak banget. Pizzanya masih dibakar di tungku pembakaran tradisional gitu. 

Pizza Supeeeer Lezat

Abis makan enyaaak, kita balik ke hostel masing-masing. Siap-siap buat dijemput ke Luang Prabang jam 6 nanti. Eh, ternyata kita masih boleh mandi di kamar mandi bawah di Mixay Paradise. Gratis bo... Secara kalo di hostel anak-anak disuruh bayar. Hehehe. Lucky us :)




3 comments:

  1. makananya enak banget kayaknya :D

    indovision

    ReplyDelete
  2. abisnya brp backpacker ke laos ? jadi pengen ..

    Frefrebabyclothing, kami menjual pakaian bayi model Frefrebabyclothing, baby jumper, pakaian bayi,
    baju bayi, t-shirt bayi, t-shirt anak,
    jumpsuit, longsuit Tersedia lebih dari 300 design, dengan 144 kombinasi warna..
    Terima dropshiper reseller..

    ReplyDelete
  3. tempat wisatanya bersih dan terawat ya mbak

    ReplyDelete