Monday, June 20, 2011

Menyusuri 3 Kota Laos V - Alms Ceremony di Luang Prabang

Masih gelap di luar, gara-gara pengen liat alms ceremony kita harus buru-buru bangun. Ngantuknyooooo. Mana dingin lagi... Whew! Di Luang Prabang lumayan banyak lokasi alms ceremony ini, Sisavong Road salah satunya. Kami cuma jalan keluar gang ke jalan besar, which is cuman 15 langkah dari pintu penginapan. Ternyata sudah banyak orang yang bersiap buat upacara rutin harian ini, jumlah orang lokal dengan turis kayaknya berimbang. Yang mau ikutan upacara ini sudah mulai nge-tag tempat di trotoar. Yang mau motret sudah siap dengan kameranya. Oh ya, alm ceremony ini adalah acara ritual harian dimana pada pagi hari penduduk non biksu ngasih sesuatu buat dikonsumsi oleh biksu tersebut pada hari itu. Dulunya sih cuman ngasih nasi (ketan) dan pisang atau makanan lainnya. Kalo sekarang sih yang dikasih macem-macem. Banyak juga tuh yang ngasih permen atau snack pabrikan a la chiki hehehehe. Buat turis, ada kok ibu-ibu yang jualan pisang dan ketan buat dibagiin ke biksu-biksu. Harganya? Lupa! 

Suasana Alms Ceremony di depan Joma Bakery

Pas terang tanah, datanglah sebarisan biksu dengan jubah orange dan sabuk kuning dengan membawa periuk masing-masing. Mereka antri menerima makanan dari orang-orang yang sudah duduk menunggu di trotoar dari tadi. Suasanya tenang, gak ada yang ngobrol. Eh ternyata pada penduduk ini ngasihnya dikit-dikit lho ke biksunya. Tapi kalo setiap orang ngasih sejumput nasi ketan plus satu pisang, setelah satu lokasi (yang kurang lebih isinya 30 orang) kayaknya penuh juga itu periuk.

Aturan buat yang mau ikutan alms giving ceremony. Perlu banget dibaca niiih!

Pagi itu ada lima atau enam rombongan biksu yang nyamperin lokasi kita. Karena masih ngantuk balik lagi lah kita ke penginapan, ngumpet lagi di bawah selimut nunggu matahari muncul buat jalan-jalan keliling kota. 

9 comments:

  1. kalau saya lagi malas keluar negeri.maklum orang miskin

    ReplyDelete
  2. wah enak ya Bisa menyelusuri Negeri-negeri lain...
    sayang nya saya gak bisa kesana huf :(

    ReplyDelete
  3. Pengalaman jalan² yang sangat mengesankan jadi pingin juga menyaksikan kebudayaan dari luar negeri

    ReplyDelete
  4. enak y banyak pengalaman nya kalu jalan2 ...
    salam kenal y...

    ReplyDelete
  5. Jalan-jalan yang mengasyikkan bro...
    Hebatnya kebudayaan disaat kita bisa menikmati keindahannya

    ReplyDelete
  6. asik cerita nya..,
    jadi pengen jalan jalan hehehe..

    ReplyDelete
  7. Orang yg ga punya beban hidup yg sering jalan2 :D Kalau gw kayaknya belum bisa, masih banyak yg perlu dipikirkan untuk hari tua :D Gw cowo c soalnya tanggung jawabnya berat sama Istri ntar :D

    ReplyDelete