Thursday, October 27, 2011

Lintas Batas Negara Lewat Darat


Selama traveling di Asia Tenggara, gw baru 2 kali ngalamin lintas batas negara lewat darat. Pertama perbatasan Laos - Thailand di Nong Khai dan yang kedua perbatasan Thailand - Cambodia di Poipet.

Lao - Thai Border (Friendship Bridge)
Dari Vientiane untuk ke border banyak caranya. Bisa naik tuk-tuk, bus (yang jurusan ke Budha Park) atau kalau mau sekalian lewatin batas negara naik bus antar negara. Karena gw langsung mau ke Udon Thani gw naik bus antar negara (international bus) yang berangkat dari Talat Sao Bus Terminal. Posisinya di tengah kota. Tarif bus ini 22.000 KIP (gw bayar 25rb KIP karena sebenernya bus udah penuh tapi gw maksa naik).

Jarak dari Vientiane ke border cuman sekitar 20 KM. Jalanannya mulus. Gak sampai setengah jam juga udah nyampe di border. Di sini kita diturunin di depan loket Imigrasi Lao. Seluruh penumpang harus turun dari bus, dan antri sendiri di loket. Setelah dapet stempel departure dari imigrasi Lao kita naik bus yang sama yang nunggu di dekat pintu keluar pagar imigrasi. Begitu semua penumpang naik, bus jalan lagi ngelewatin Friendship Bridge. Oh ya, bus yang tadinya berjalan di sisi kanan jalan, begitu naik jembatan langsung berjalan di sisi kiri jalan ngikutin aturan lalu lintas Thailand. Hebat juga yah sopir bus antar negara ini :D

Begitu sampai di seberang kita diturunin di depan imigrasi Thailand. Antri lagi, dan gak lama kemudian kita udah dapet ijin tinggal selama 14 hari di Thailand. Abis itu kita jalan ngelewatin pemeriksaan (random kayaknya), trus naik bus lagi. Begitu penuh bus berangkat ke Udon Thani. Perjalanan sedikit lebih panjang sih. Bus berhenti di terminal deket Chalearnsri shopping complex. Dari sana kalau mau langsung ke bandara tinggal naik tuk-tuk. Jangan ragu buat nawar tuk-tuknya yah. Soalnya biasanya mereka suka pasang tarif tinggi ke traveler.

Thai - Cambodia Border (Aranyapratet - Poipet)
Berdasarkan riset di internet, info yang gw dapet adalah Aran-Poipet ini adalah border dengan ancaman penipuan paling tinggi. Tapi secara tiket pesawat dari Bangkok ke Siem Reap gila-gilaan mahalnya (buat kantong kacung kampret kayak gw tentunya :D), ya terpaksa gw beraniin lintas batas sekalipun lagi sendiri.

Dari Bangkok sebenernya ada beberapa cara mencapai border. Pertama naik bus "pariwisata" yang bisa dipesan dari hostel atau dari agen perjalanan. Biasanya bus ini lumayan mahal karena langsung ke Siem Reap. Yang kedua, naik taksi ke border trus langsung ke Siem Reap. Sangat nggak gw saranin karena mahal jaya. Opsi ketiga adalah ngeteng. Naik bus ke Aranyapratet trus disambung bus atau taksi ke Siem Reap.

Bus umum ke Aran berangkat dari Bangkok's Northern Bus Station (Mo Chit) dan dari terminal deket bandara. Kalau misalnya lebih deket ke bandara mending naik bus yang berangkat dari deket situ. Setelah semalem tidur di Suvarnabhumi International Airport (gw landing dari Yangon), gw naik shuttle bus di lantai dasar bandara ke terminal bus. Shuttlenya gratis. Tiket bus ke Aranyapratet bisa di beli loket yang ada di terminal. Busnya berangkat sekitar jam 8 pagi. Ada juga bus siang yang berangkat jam 2-an. Tiketnya murah jaya lho, untuk perjalanan selama 4 jam itu kita cuman harus bayar 187 THB. Busnya nyaman, ada toiletnya, udah gitu dapet sebotol air mineral ama roti sebiji. Lumayan buat ganjel perut. Oh ya, kalo mau makan di terminal ini juga ada foodcourt kecil gitu. Harganya tentu saja lebih murah kalo dibandingin ama makan di bandara.

Penumpang yang mau ke border diturunin di pinggir jalan, sebelum Rong Kluea Market. Dari situ gw jalan kaki ke kantor imigrasi Thailand. Bah, ini border emang parah. Pejalan kaki harus saingan ama truk segede-gede gaban gitu jalannya. Jangan tanya trotoar, gak ada. Udah gitu debuan bangeeet. Sebelum Imigrasi Thai ini banyak banget scam yang ngaku sebagai imigrasi Cambodia, bilangnya sih disitu tempat resmi ngurus visa. Pas jaman gw kesitu, pemegang paspor Indonesia masih harus nyari Visa on Arrival. Buat menghindari penipu-penipu ini gw cuman bilang kalo gw udah punya online visa. Untungnya sekarang bebas visa yah. Amaan!

Abis dari imigrasi Thai, gw jalan kaki ke imigrasi Cambodia buat nyari VOA.  Pas jalan gw dideketin ama mas-mas yang nawarin taksi ke Siem Reap. Awalnya dia nawarin 50 USD. Tawar-tawaran akhirnya sepakat di USD 30. Kita janjian ketemu setelah imigrasi Cambodia. Gilanya ini kantor Imigrasi gak ada plangnya. Untungnya gw dikasih tau ama orang lokal. Posisinya ada di kanan jalan, gedung putih dengan jendela dan pintu kaca gelap. Petugas imigrasinya ngaco juga, udah jelas itu plang di atas loket bilang tarif tourist visa USD 20, eh dia minta tambahan 100 baht. Sopan dan teges gw bilang gw mo ngikutin aturan aja. Sempet deg-degan, takut dipersulit. Ternyata enggak kok. Yipeee.

Keluar dari situ kita jalan ke tempat stempel imigrasi. Keluar dari situ sudah ada bis yang menunggu. Yang gw baca di beberapa forum traveling, ini bus dipake buat ngangkut traveler ke tourist terminal. Dimana traveler akhirnya "dipaksa" buat naik bus yang gak nyaman dan lama atau naik taksi yang mahal jaya. Sopir taksi yang udah janjian ama gw tadi ngelambai-lambai dari jauh. Ternyata dia takut ama petugas yang di deket bus. Taksi gelap yang sebenernya lebih murah ini sekarang dilarang keras katanya. Bareng sama pasangan dari Polandia yang mau sharing taksi ama gw, gw lari-lari ke taksi, buru-buru naik dan langsung tancap gas sopir taksinya. Perjalanan dari Poipet ke Siem Reap lancar, jalanannya mulus. Taksi bisa langsung nganterin ke hostel yang gw pilih. 3 jam kemudian gw udah mandi cibang-cibung di hostel gw.

84 comments:

  1. Wah, asik banget travellingnya, mau ah entar kalau udah punya duit yang banyak.

    ReplyDelete
  2. waw pasti pengalaman yang tak terlupakan y gan. mantp. bagus artikel;nya gan. mampir jg y ke blog saya. tks

    ReplyDelete
  3. wihh.. kapan ya gue bisa jalan ke luar negri , jadi ngiri nih...

    ReplyDelete
  4. pengalaman yang mengesankan ya, jadi pengen kesana hihihi

    ReplyDelete
  5. petualangan tidak bs digantikan oleh uang. ada kemauan ada jalan y gan.

    ReplyDelete
  6. keren keren,
    mau donk diajakin hehehe..
    salam kenal

    ReplyDelete
  7. berkunjung buat cari inspirasi,
    salam sahabat

    ReplyDelete
  8. Waaah...kapan yaaak aquw,,nanti deh kalo aq ke singapore awal taun mau share jg (mudah-mudahan jadi,,maklum paket liburan dari kantor),,hehe...

    ReplyDelete
  9. wow perjalanan yang seru...itu sopir tuk-tuk hebat banget mas taat terhadap peraturan lalaulintas 2negara

    ReplyDelete
  10. wahh pnjang bner crtnya ????

    kinjungi blik ya
    http://ahmadnajmul.blogspot.com/

    ReplyDelete
  11. semoga perjalanannya menyenangkan :)

    ReplyDelete
  12. wah hebat gan semoga perjalanannya berkah

    ReplyDelete
  13. manteb brow jalan - jalanya...jangan lupa kalo haus mampir disini http://pencenk-estry.blogspot.com, follow back....

    ReplyDelete
  14. wah ada perbandingan harganya ga antara real backpacker sm misalkan kita sewa mobil selama disana?

    ReplyDelete
  15. Wah..... seru banget....
    Jadi pengen..... :D

    ReplyDelete
  16. wah asyik tuh kayaknya jadi pengen ..
    pasti perjalanannya menyenangkan .

    ReplyDelete
  17. perjalanan yang seru , jadi pengen :)

    kunjungi balik dong http://sembilancnedutas.blogspot.com/ :)

    ReplyDelete
  18. Wah seru juga ya travelling via darat. Bisa jadi pengalaman baru yang menyenangkan nie hehehe

    ReplyDelete
  19. jadi kepingin backpackeran,,,,

    ReplyDelete
  20. seru banget,,,
    kpn y bisa kyk gitu???!!

    ReplyDelete
  21. mantap postingannya mbak. keren.

    ReplyDelete
  22. mantabs gan infonya keren sangat nih.....terimakasih atas infonya salam kenal dan sukses selalu

    ReplyDelete
  23. mantap juga nie info nya maksih yach,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  24. wah kayaknya pemilik blog ini dulunya waktu sma jurusan IPS ya ? he..he.

    ReplyDelete
  25. seru tuuh.. hehehe
    ikut doong :D

    ReplyDelete
  26. pengalaman yg menarik . nice artikel :D

    ReplyDelete
  27. mantab gan infonya keren bgt nih.

    ReplyDelete
  28. sruuu kalo di jadiin film pasti lebih seru hehehhe

    ReplyDelete
  29. wah, makasih ya infonya sob :)

    ReplyDelete
  30. Keren banget smg perjalanan yg membahagiakan gan

    ReplyDelete
  31. pertamax yaaa
    semoga makin sukses teruss

    ReplyDelete
  32. Pengalaman yang unik ya lintas batas negara lewat darat. kayak di film-film aja. pasti ada pos penjagaan trus cek sana-sini

    ReplyDelete
  33. Enak banget perjalanan lintas batas negara lewat darat. bisa melihat karakter militer tiap-tiap negara secara lebih dekat.

    ReplyDelete
  34. thanks infonya gan...
    oh iya mampir jg yah di t4 sederhana sy...
    n maaf klo komentnya gak nyambung...
    hehhehe

    ReplyDelete
  35. iya,, panjang banget artikelnya,,, cma nyimak sebagian deh jadinya...
    nitip lapak aja deh..

    ReplyDelete
  36. hebat euy, bisa jalan jalan sampe kemana-mana...

    ReplyDelete
  37. Nuhun pisan saudah sempat mampir di blog dan atas dukungan readershipnya... semoga menginspirasimu untuk bisa traveling juga ke daerah yang ;nggak jelas' seperti ke afghanistan dan iraq - misalnya.. :D

    Pengen bisa denger lebih baik ttg kegiatanmu... salam hangat dari Iraq.. ya, iraq yang masih meledak-ledak itu :D

    ReplyDelete
  38. wah bacanya aja bikin saya ngiler pengen kaya gitu...

    ReplyDelete
  39. kapan-kapan ajk aku dong....

    kebetulan aku suka travel gitu
    apalagi bacpacking

    ReplyDelete
  40. thanks atas info tentang Lintas Batas Negara Lewat Darat, jadi nambah ilmu nih sob

    ReplyDelete
  41. Kapan ya bisa jalan-jalan keluar negri :O

    ReplyDelete
  42. keren artikelnya...
    seru jadi baca nya

    ReplyDelete
  43. wahh pingin lohh kayak gitu keren2.

    ReplyDelete
  44. berkunjung cari info, eh dapat info bagus

    thx ya info nya

    ReplyDelete
  45. wa keren gan artikelnya jadi tahu nih perjalanan gan selama travel di negara lain, terimakasih gan udah bagi-bagi ceritanya dan pengalamnya...jadi kepengen ngikutin jejaknya nih..

    ReplyDelete
  46. Asik mas thanks...............

    ReplyDelete
  47. wah pasti seru tuh , kalo punya uang pengen deh kesana .
    thanks for share .
    ditunggu postingan terbarunya

    ReplyDelete
  48. kapan ya bisa jalan2 ke luar negeri???

    ReplyDelete
  49. jadi kepengen by : http://devajar.blogspot.com/

    ReplyDelete
  50. backpacker banget...

    petualang sejati...

    keren...

    salam kenal...

    ReplyDelete
  51. mantab perjalanan lintas negaranya
    kapan-kapan ikut donk

    ReplyDelete
  52. asik banget ya! backpacking selalu menyenangkan :D

    ReplyDelete
  53. Mampir Ke tasik..Kita ke galunggung..hehehehe

    ReplyDelete
  54. Makasih gan..Salam Kenal ya gan

    ReplyDelete
  55. Jadi pengen juga ni keliling dunia..

    ReplyDelete
  56. Wah di Kalimanta Barat juga seru...Lintas Batas Negara Lewat Darat....Ada entikong(Sanggau) Aruk sajingan(Sambas) atw Badau kapuas Hulu...seru loh

    ReplyDelete
  57. Luar biasa...good..

    ReplyDelete
  58. wah, seru juga perjalanannya yah, hehehehe

    http://factsandhealth.blogspot.com

    ReplyDelete
  59. waahh seru kayanya seru yaa jlan2nya..jd pngen ikutan jg..hhee

    ReplyDelete
  60. Waw.. makin mantab nh.. Jalan2 ceria..

    ReplyDelete
  61. wah..punya pengalaman gitu sangat menyenakan nih..trims n salam.

    ReplyDelete
  62. Thanks infonya gan... salam kenal yaa :)

    ReplyDelete
  63. keren, pasti butuh modal keberanian kuat

    ReplyDelete
  64. thanks informasinya ya sob..

    ReplyDelete
  65. thanks bgt infonya :) seru juga ya travelling via darat. Bisa jadi pengalaman baru yang menyenangkan nie hehe

    ReplyDelete
  66. waaah...kaya dora ni agan hehe

    ReplyDelete
  67. jaman sekarang ini harus waspada dan jangan muda percaya pada orang lain,makasih infonya

    ReplyDelete
  68. Cerita yang menarik sekali,,terimakasih banyak :)

    ReplyDelete
  69. Terimakasih banyak atas informasonya :)

    ReplyDelete
  70. Terimakasih banyak atas informasinya

    ReplyDelete
  71. seru tuh kayaknya ... :3
    jadi pengen ... :3

    ReplyDelete