Wednesday, October 19, 2011

Naik Ordinary Bus dari Vang Vieng ke Vientiane



Seperti yang udah gw bilang di postingan-postingan sebelumnya, di Laos ini ada beberapa macem kelas bus. VIP, AC dan ordinary. Sebenernya kita pengen balik ke Vientiane naik bus AC atau yang VIP. Tapi karena jamnya gak sesuai (secara begitu nyampe ke Vte kita harus naik bus antar negara ke Udon Thani) akhirnya kita putusin buat naik Ordinary Bus. Apa sih bedanya? Paling juga sama aja... Itu pikiran awalnya.

Berdasarkan informasi yang kita dapet dari pemilik travel (gila ya, dia lho yang nyaranin kita naik ordinary bus ini, padahal dengan begitu dia gak dapet untung dari penjualan tiket VIP bus), ada 2 jadwal untuk pagi, jam setengah 7 dan jam 7. Itu bus bakal lewat di jalan deket bandara. Artinya kita gak perlu ke terminal bus. Keluar dari hotel, kita cuman tinggal jalan nyeberangin bandara trus nyegat itu bus di pinggir jalan. Sounds simple yah?

Dan begitulah, masih ditemani kabut besok paginya kita bertiga udah jalan kaki nyeberangin runway-nya bandara. Trus nongkrong di pinggir jalan, harap-harap cemas takut ketinggalan bus. Saking takutnya kita sampe gak sempet nyari sarapan dulu. Aaah, perjalanan cuman 3 jam iniii. Setelah sekitar 15 menit menunggu, dari kejauhan muncullah bus berwarna biru itu pelan-pelan. Semangat 45 kita lambai-lambaiin tangan. Dan mas-mas kenek langsung sigap bantuin kita naikin ransel ke dalam bus. Horeeee, gak ketinggalan bus.

Suasana di dalam bus ini berasa kayak rumah sendiri. Err, maksudnya rumahnya si sopir. Secara ya bo itu sopir masang foto dia dengan berbagai pose dan teman pose dimana-mana. Udah gitu setel musik lokal yang syahdu membiru gitu. Dari nada-nadanya sih kayak lagu-lagu jaman Koes Plus atau Panbers. Kayaknya cobaan kali ini bakal lebih berat dibanding naik bus bareng ayam waktu berangkat ke Luang Prabang. Doakan semoga selamat yah! Oh ya, kita bukan satu-satunya rombongan foreigner di bus ini. Ada 2 pasang traveler lain yang udah duduk manis di dalam bus.

Bus berjalan santai. Seringkali berhenti buat naikin dan nurunin penumpang. Tapi secara umum lumayan nyaman kok. Cara nyetirnya beradab, gak pake klakson kenceng-kenceng ataupun zig-zag kiri kanan. Sekalipun tanpa AC, karena masih pagi di dalam bus juga gak panas. Makanya pas tiba-tiba bus berhenti di tengah jalan gw sempet bingung juga. Mana sepi, gak ada rumah di sekitar, yang ada cuman padang rumput ama tegalan doang. Si sopir turun, diikutin ama serombongan ibu-ibu trus mereka masuk ke semak-semak. What??? Pada mo ngapain sih? Gak sampe 5 menit kemudian mereka udah pada balik. Hooo, pada pipis ternyata. Abis itu bus jalan lagi kayak gak ada apa-apa. Berhenti mendadak itu gak cuman sekali kejadiannya. Sekali lagi Pak Sopir tiba-tiba berhentiin bus, trus turun sambil bawa botol aqua. Kali ini gw gak perlu panik lagi. Udah bisa langsung nebak, pasti pupup :D

Hampir jam 11 bus nyampe Vientiane. Oh ya, kalau VIP bus berhentinya di terminal yang sama dengan terminal yang kita pake berangkat ke Luang Prabang. Sementara kalo Ordinary Bus ini berhenti di terminal yang ada di tengah kota, yang deket pasar besar. Disini tempat pemberangkatan bus antar negara ke Udon Thani juga. Jadi kita gak perlu pindah transport lagi.

Rencana awalnya begitu nyampe VTE kita mau sarapan dulu. Eh sialnya, tiket bus antar negara yang jam 11.30 udah habis. Bus selanjutnya berangkat jam 2. Flight kita dari Udon Thani ke Bangkok berangkat jam 5. Gak mau ambil resiko akhirnya gw memohon-mohon ke petugas supaya dibolehin naik bus. Aturannya sih di bus ini yang naik cuman harus sesuaid engan jumlah tempat duduk. Dengan alasan I got a plane to catch dan pasang tampang memelas akhirnya kita dikasih naik. Harganya sedikit lebih mahal dari tiket seharusnya dan kita harus berdiri. Tapi ya udah lah yah. Naiiiiik! Untung di atas masih ada 1 bangku kosong. Yipeee, gak harus berdiri nonstop selama perjalanan antar negara.

18 comments:

  1. menyenangkan sekali yah perjalanannya, jadi pengen tuh :)
    sukses terus ya :)
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. pengalaman mnarik banget,...

    ReplyDelete
  3. wah sipz....kunjungan balik di tunggu agan??makasih http://rockmanticks.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. kalo keliling indonesia sudah gan. katanya masih banyk daerah di indonesia yg belum pernah dikunjungi. tks for share.

    ReplyDelete
  5. Indonesia already gan back round. he said there are still abounding areas in Indonesia who had never visited. acknowledgment to its news

    ReplyDelete
  6. keren mas info jalan jalannya. kalau bisa di share ya mas info jalan jalan ke singapur beserta biaya trip-nya . share juga tempat tempat bagus disana. karena 6 bulan lagi saya mau nikah dan rencana bulan madu di singapur. thanks

    ReplyDelete
  7. mantap. kalo indionesia kayak gini pasti banjir gk akan pernah ada.

    ReplyDelete
  8. nice info gan . di indonesia gk ada tuh kyk gitu .

    ReplyDelete
  9. wahh
    kakak nii beruntung banget yaa bisa touring ke luar negeri

    ReplyDelete
  10. Tks sdh bagi2 info, menambah wawasan saya akan negara lain...

    ReplyDelete
  11. Waduh, klo lintas negara blom prnah gan.. paling lintas kota aja.. seseringnya lintas daerah he

    ReplyDelete
  12. wah gan simpel amat tuh,,
    sipP okay,, artikelnya..

    ReplyDelete
  13. enak melintasi dua negara hanya dengan mengendarai bus
    pasti perjalanannya tak akan terlupakan

    ReplyDelete
  14. suer dah yang ada abis baca artikel ini cuma ngiri aja ..heeeeuuu
    :O(

    ReplyDelete
  15. wah gimana rasanya ea bisa touring kemana2

    ReplyDelete
  16. pengen ... kapan ya bisa jalan-jalan ke luar negeri ... hehe, tapi sementara pengentouring jogja-lombok dulu ah pake motor.

    ReplyDelete