Wednesday, February 29, 2012

Nginep di mana Kalau Backpackeran?


Pertanyaan ini sering banget gw denger kalo lagi ngumpul ama temen-temen. To sum it up, bikin postingan aja sekalian yah. Buat gw penginepan itu sebenernya gak segitu pentingnya. Seringnya sih asal bisa istirahat dengan nyaman. Secara ya kalo traveling gitu jarang banget males-malesan di penginapan, yang ada kan jalan mulu seharian. Jadinya biasanya cuman sebagai sarana numpang tidur, naruh barang dan mandi doang.

Malaysia

Kuala Lumpur
Sebenernya ada perasaan gak rela kalau harus nginep di KL. Secara udah gak ada lagi yang pengen diliat gitu. Makanya kalau transit biasanya sih sengaja beli tiket pesawat yang jadwalnya rada deket dengan flight sesudahnya. Tapi kalo terpaksa (biasanya karena tiket yang murah ada di jam itu) ya terpaksa nginep deh.
 
Backhome Hostel
Lokasinya di deket MRT Masjid Jamek. Jalan kaki sekitar 5 menit. Tempatnya bersih, kasurnya nyaman, stafnya helpful banget. Tarif per bed-nya untuk 8 beds dan 6 beds kalo dorm-nya kalo gak salah RM 34. Masing-masing bed dilengkapi dengan lampu baca dan charging station sendiri. Loker juga disediain. Sayangnya kunci loker, selimut dan handuk gak dipinjemin.
 
Myhotel @Sentral
Lokasinya deket banget ama KL Sentral. Cuman 5 menitan kalo mo jalan. Paling cocok kalau mau muter kemana-mana pake kendaraan umum (KTM, Monorail, Kereta maupun bus). Perhentian Bus ke Bandara (KLIA maupun LCCT) juga deket banget ama hotel ini. Sayangnya cuman 1, mahal euy kamarnya. Ya karena kelas hotel bintang 2 kali yah? Kamarnya sih lumayan kecil, tapi semua areanya bersih kok.

Penang
Old Penang Guesthouse
Mungkin ini salah satu hostel termurah yang pernah gw inepin. Dorm-nya RM 15 per bed (sekitar 45rb rupiah). Udah termasuk sarapan ringan. Hostel ini ada di Love Lane, di bangunan yang termasuk heritage list-nya Penang. Lokasinya lumayan strategis, bisa jalan kaki kalo mo liat-liat gedung-gedung peninggalan Inggris di sekitar Fort Cornwalis.

Kota Kinabalu
Tune Hotel di 1 Borneo
Nginep di sini karena dapet harga diskon. Sama sekali gak tau kalo 1 Borneo itu lokasinya diujung sononya Kota Kinabalu. Alhasil ya mahal jaya kalau naik taksi dari bandara. Untungnya kalau mau ke kota ada shuttle bus. Jadi gak terlalu nyesek buat pengeluaran taksi. Kamarnya ya standarnya Tune lah. Kamar bersih, kasur nyaman. Tapi ya gitu, kalo mo pake AC atau nonton TV ya harus bayar. Untungnya kipas angin yang segede gaban di langit-langit udah cukup buat ngademin seisi kamar.

Singapura
Beberapa kali ke sini seringnya nginep di tempat temen. Kalau pas temen lagi gak bisa diinepin jadinya nginep di sini deh:

Rucksack Inn
Lokasinya di Hongkong Street, seberang stasiun MRT Clarke Quay. Deket ama keriaan di Boat Quay, Merlion Park dan sekitarnya. Jadi kalo mau motret-motret di sekitar Merlion, Esplanade, dll atau kongkow di Boat Quay-Clarke Quay hostel ini cocok banget. Yang gw suka dari hostel ini adalah dia banyak ngegunain barang-barangnya IKEA. Mulai dari ranjang sampai sendok dan mug, IKEA semua. Tempatnya bersih, kasurnya nyaman. Stafnya juga OK. Ada 3 PC yang ditaruh di common room, selain itu free internet buat penghuni. Dormnya gedeee banget, 26 bed kalo gak salah. Jadi ya siap-siap aja ketemu banyak orang. Ratenya 26 SGD per bed.
 
Tree In Lodge
Lokasinya di Tan Quee Lan Street. Dekeeet banget ama Stasiun MRT Bugis. Cuma 3 menit jalan. Artinya ya deket juga ama Bugis Junction hehehe. Enaknya stasiun MRT Bugis ini kan masih di green line, jadi dari bandara gak perlu pindah-pindah MRT. Kan lumayan ngurangin beban tuh, gak perlu gembol-gembol ransel jauh-jauh. Selain lokasi yang strategis abis, hostel ini deket ama tempat makan, udah gitu kasurnya nyaman, dan banyak juga pake barang IKEA. Senangnyaaa :)
Yang unik dari hostel ini setiap penghuni yang mau masuk selalu dikasih 'penataran' mengenai go green life style. Misalnya mandi gak lebih dari 5 menit biar gak buang-buang air bersih, masukin sampah ke recycling bag, dll. Kedua pemiliknya yang konon bersepeda dari Norway ke Singapore selama 18 bulan kayaknya emang bener-bener pengen nularin kebiasaan bagus mereka. Di common roomnya, mereka taruh 3 buah netbook yang bisa dipake buat online kapan aja. Ratenya SGD 29 per bed untuk girls dorm untuk yang mixed mereka menarif SGD 24. Udah termasuk sarapan: toast pake jam dan butter atau cereal pake susu.


Thailand
Bangkok 
Sawasdee Hotel
Jaringan hotel ini punya banyak cabang. Yang di Bangkok kebanyakan ada di sekitar Khao San Road, ada 5 kalo gak salah. Yang paling deket ya Sawasdee Khaosan Inn dan Sawasdee Banglampoo Inn.
 
Myhotel Pratunam
Lokasinya deket banget ama BTS Phaya Thai, jadi kalo mau kemana-mana enak. Chatuchak, Siam Paragon dll bisa ditempuh pake kereta. Harganya emang gak murah-murah amat sih, tapi untuk fasilitas yang diberikan ya lumayan lah.

Phuket
Phuket Backpackers
Lokasinya di Phuket Town, lumayan jauh kalo niatnya mau party-party di Patong Beach. Tapi kalo pengen ngerasain kota Phuket, jalan-jalan ke pasar tradisional, motret-motret di gang dengan rumah warna-warni, ngeliat hotel tempat LDC shooting The Beach, dll tempat ini paling cocok. Mereka punya dormitory ama provate room. Common room-nya nyaman, service dari pegawai di situ juga OK. Ramah dan hangat. Kalau mau sewa motor buat keliling Phuket tinggal bilang aja ama resepsionisnya.

Phiphi Island
Nama hostelnya lupa. Posisinya kalo dari Pier, belok kanan. Masuk ke gang ke dua di sebelah kiri (ngelewatin Resto Lemon Grass) sampe mentok. Pas di situ hostelnya. Ratenya di 2009 600THB per malam. Kamar udah dilengkapi kamar mandi dalam, AC dan TV. Lumayan nyaman. Kalau mau ke Loh Dalum buat nikmatin sunset mah tinggal ngesot aja.

Philipines
Manila
Friendly's GH
GH yang lokasinya di Malate ini bener-bener basic fasilitasnya. Udah gitu juga gak bersih-bersih amat. Tapi dengan harga segitu, ya gak bisa milih. Positifnya kita bisa nemu banyak temen jalan di sini (karena hampir selalu penuh setiap gw kesini). Lokasinya yang di Malate (semacam red distric gitu) kadang bikin orang jiper, tapi selama gw di sana ya aman-aman aja tuh. Oh ya, dia punya dorm dan private room. Common room-nya ada di lantai atas, punya open air area gitu.

Coron
Krystal Lodge
Ini salah satu guest house favorit gw selama traveling ke beberapa negara. Lokasinya gak jauh dari jalan utama, ngelewatin gang kecil di atas papan kayu gitu. Lanjut ke jembatan kayu yang langsung nembus ke pintu gerbangnya. Kamarnya berupa pondok-pondok panggung, ada di atas air. Kamarnya bersih, kamar mandinya juga ok. Mhye (ownernya) juga super ramah. Seneng banget ngebantu, jagoan kalo suruh nunjukin jalan dan mau juga dimintain tolong buat mesenin perahu buat keliling pulau-pulau sekitar.

Vigan
Cordilera Inn
Lokasinya gak ada yang ngalahin deh di seluruh Vigan, pas di Crisologo Street yang jadi main atractionnya Vigan. Ratenya juga gak mahal-mahal amat, room buat ber 4 termasuk dengan sarapan ditawarin dengan harga 1800PHP. Suasana di sekitar Crisologo Street pas malem pas banget buat yang suka foto-foto dengan tone sephia.

Laoag
Balay da Blass
Junior Suite-nya mantap jaya. Kamarnya cakeeep, bersih, nyaman. Dengan rate 2000PHP worthed banget. Itu udah termasuk sarapan buat ber 4. Lokasinya rada di pinggir Laoag, highly recommended.

Myanmar
Yangon
Okinawa GH
GH ini lokasinya di deket Sule Paya/Sule Pagoda. Dorm room-nya yang isinya 4 bed di lantai paling atas hostel bergaya Jepang ini cuman 5 USD per malam, itu udah termasuk sarapan. Pilihan paling OK sih dengan budget segitu. Kamarnya bersih, udah pake AC dan nyaman banget.

Kamboja
Siem Reap
Garden Village
Hostel ini lokasinya rada di pinggir, tapi masih walking distance dari Bar Street, Night Market de el el. Harganya super murmer. Rate untuk kamar segede gaban dengan twin bed, kamar mandi dalam dan kipas angin semalemnya cuman 6 USD.

Pnom Penh
Mini Banana
Lokasinya gak jauh dari National Monument. Grand Palace juga walking distance dari sini. Dormitory-nya cuman 4 USD per malem, isinya 7 bed doang dengan 2 communal bathroom. Kasurnya nyaman. Staff-nya juga friendly dan helpful banget.

Laos
Vientiane
Mixay Paradise
Lokasinya pas di depan Wat Mixay. Di Vientiane, Hostel ini paling murah di kelasnya. Kamar dengan AC, TV dan kamar mandi di dalam cuman 125rb KIP udah termasuk simple breakfast. Bersih, staffnya ramah dan gak terlalu itungan. Sekalipun udah check out kita masih boleh numpang mandi di kamar mandi lt. 1, for free. Semnetara di hostel sebelah di charge :)

Luang Prabang
Pha Soke
Lokasinya di belakang Joma Bakery, hostel pertama di kanan jalan. 110rb KIP per malem per kamar. Lokasinya ini strategis, gampang kalo mau kemana-mana. Night market : tinggal ngesot. Wat-wat dan Museum: tinggal jalan juga. Pokoknya strategis lah. Hostelnya juga nyaman, bersih. Nuansa kayu-kayu gitu deh.

Vang Vieng
Pany GH
Guesthouse ini tempatnya di dekat lapangan terbang lama. Tempatnya udah tua, tapi lumayan bersih. Harganya murah jaya, untuk triple room semalemnya cuman 60rb KIP. Kalau kamarnya diisi berdua bayarnya ya cuman 50rb KIP. Padahal itu udah pake AC, Kamar mandi dalem dan ada TV-nya juga. Recommended, deh.

26 comments:

  1. Kalau saya pilih di Singapura.

    ReplyDelete
  2. wahhh enak ya bisa pergi2 kayak gitu..
    jadi pengen

    ReplyDelete
  3. Pengen tapi takut,, hehe

    ReplyDelete
  4. cerita yang menarik...
    salam kenal!!!semoga sukses selalu dimanapun kita berada amin...

    ReplyDelete
  5. Dimana aja yang penting hepy

    ReplyDelete
  6. Wah sip nih...jadi ada alternatif kalo lain kali ke Singapura

    ReplyDelete
  7. Mantap article nya gan....Thxz

    ReplyDelete
  8. nginep dimana saja boleh yang penting aman...

    ReplyDelete
  9. enak ya bisa jalan-jalan terus

    ReplyDelete
  10. wiihh bocah petualang niihh..lain kali ajak2 dong sya jg pngen ikut..hhee

    ReplyDelete
  11. wah, asyk bnget dh prnah prgi kluar negri kya gtu, :)
    http://technobasespace.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. wiihh seru yaa bisa berpetualang kya gitu..

    ReplyDelete
  13. So interesting. How abot Bali. Isthis worth for backpacker? I think Bali is great..

    ReplyDelete
  14. kalau mbak backpackeran di surabaya, nginep di rumah saya aja.... dengan senang hati

    ReplyDelete
  15. Wah nice info gan buat para backpacker yang ingin coba travel di luar tapi masih asia juga.. Denim

    ReplyDelete
  16. wah, mendingan di tree in lodge singapore

    ReplyDelete
  17. kapan yah bisa jalan2 seperti itu

    ReplyDelete
  18. Nice share gan, kebetulan lg pengen coba2 travelling ASEAN hehehehe. Uda ane bookmark

    ReplyDelete
  19. waaah....lengkap banget gan

    ReplyDelete
  20. asik banget non bisa backpaker .... ane juga pengen bisa backpaker hhha salam kenal BTW

    ReplyDelete
  21. thanks for good news best regard sigit hermawan

    ReplyDelete
  22. sepertinya ini blognya backpaker gan....up0date terus blognya biar ramai

    ReplyDelete