Thursday, June 28, 2012

Myanmar, surprise surprise...



Tripnya sih udah setahun yang lalu, birthday escape tahun 2011 ceritanya. Tripnya tanggal 7-17 Mei, dengan rute JKT - KUL - RGN - BKK - Siem Reap (via darat) - Phnom Penh - KUL - JKT. Solo trip sebenernya. Tapi rencananya gw bakal ketemu si Abhu dan Jenny di Yangon, pisahan trus ketemu lagi ama Abhu di Bangkok buat barengan ke Siem Reap.

Pesawat JKT - KUL berangkat jam 08.30, sampe di KL jam 11 lewat. Sambil nunggu pesawat ke Yangon yang dijadwalin jam 17.05, gw makan di food garden LCCT. Trus dilanjutin nongkrong, ngupi-ngupi di Old Town Coffee. Pas check in ketemu ama orang Myanmar yang kuliah di Malaysia. Ya sempet lah ngobrol-ngobrol tentang kondisi Myanmar saat ini. Dia bilang bahwa Myanmar gak seperti yang dibayangkan banyak orang, Myanmar sudah berubah. Benarkah? Pikiran gw masih skeptis.

Pesawat cuma terlambat 10 menit. Belum setengah 7 malam ketika gw mulai antri di imigrasi. Gak ditanya apa-apa, liat muka, liat paspor langsung stempel. Suasana bandara Yangon ini kayak Juanda jaman dulu. Banyaaaak banget yang ngejemput, bukan ngejemput gw tentunya. Kayaknya ada beberapa orang TKW Myanmar yang pulang kampung, keliatan dari cara dandannya: jeans penuh bling-bling - rada ketat, Tshirt gonjreng - ketat juga, jaket jeans dan sepatu kets, kalo gak gt pake highheel. No no no, gw gak bermaksud mengeneralisir ato ngikutin stereotype. Ini cuman sekedar pengamatan doang. Tapi tetep aja ya, ngeliat adegan kayak gini selalu bikin gw tersenyum.

Back to topic, keluar dari imigrasi langsung banyak yang nawarin taksi ke kota. 15 USD awalnya, setelah ditawar bisa jadi 10 USD. Nggak mahal sebenernya, gak jauh beda ama taksi di Jakarta. Tapi seperti biasa, jalan-jalan begini bikin dompet gw berubah ke mode hemat. Alhasil, nyari temenlah buat sharingan ke kota. Tanya-tanya ternyata ada couple yang searah, ke daerah Sule Paya (Paya artinya Pagoda). Ngobrol-ngobrol sama si Mas yang dari US dan si Mbak yang dari Eropa (Jerman, Inggris? Lupa), ternyata si Mas ini temennya Abhu. Jyaaaah, dunia sempit!

Jauh dari bayangan gw sebelumnya, jalanan Yangon teryata mulus jaya. Lebar, sekalipun gak banyak kendaraan berkeliaran. Kalaupun ada, kebanyakan udah tua, kalo gak gitu ancur. Sama kayak taksinya yang ancur, tapi hebatnya gak pada ngeluarin asep hitam gt. Kesan pertama tentang suasana Yangon, apa ya? Kayak Jakarta tahun 80-90an kali yah. Kejadian lucu ama sopir taksi, waktu pertama ditanya do you speak English? Dia jawabnya, no no. No English. Tapi pas dia berhenti di dekat Sule Paya, ujung jalan ke Okinawa GH, eh tiba-tiba dia bilang "Just go straight, the building is not far. I can't go there, its one way street" Lho? Katanya No English? :))

Okinawa Guest House, penginapan yang banyak direkomendasiin di trip advisor ini ternyata penuh. Hadeuh! Akhirnya jalan balik lagi ke depan, ke penginapan entah apa namanya, yang ada di lantai 3. Ancur banget ini penginepan. Tapi ya penginepan yg di seberang jalan, dekat pohon beringin juga penuh. Last option ini... Si couple yg barengan gw naek taksi tadi ternyata juga di situ. Mereka nawarin buat sharing kamar, secara memang ada 2 bed di kamar itu (satu single dan 1 double). Gw pikir, ya sudahlah. Padahal masih ada satu kamar lagi kamar kosong, tapi kondisinya sungguh amat sangat lebih mengenaskan. Ya sudah lah yah, gw putusin buat sekamar ama mereka. Keputusan yang tidak 100% tepat ternyata. Yaaa, namanya couple yah... Untung aja ada iPod, untung aja gw juga emang lagi capek banget. Balik lagi... Ya sudah lah yaaaa.

Positifnya, sekalipun kamarnya ancur minah, kamar mandinya bersih jaya, airnya juga melimpah. Jadi bisa mandi hura-hura deh. Yipeee! Untuk makan malem kali ini, gw tuker duit secukupnya ke pemilik hostel, karena money changer udah pada tutup. 5 dolar saja cukup, buat makan malam di Mahabandoola Street ditu, dipinggir jalan. Makan, bengong, ngopi. Tapinya si Couple ngajakin gw buat nyari bir, sekip dulu deh. Mo tiduuuur!

Pagi-pagi banget gw udah checkout, tapi backpack masih gw titipin di hostel. Buru-buru gw ke Okinawa GH, untungnya dormitorynya kosong hari ini. Langsung aja gw booking 3 bed buat gw, Abhu n Jenny. Jalan kaki, berbekal peta Yangon dari Lonely Planet, gw pergi ke Bogyoke Augsan alias Scott Market buat nuker duit. Sambil jalan, sempet gw beli roti buat sarapan. Pengalaman nuker duit sudah gw tulis di post yang ini yah...

Abis nuker duit gw jalan lagi, kali ini ke stasiun kereta. Karena sudah janjian mo pergi ke Schwedagon pagodanya tar bareng Abhu ama Jenny aja, hari ini gw berniat buat naek circular train, keliling Yangon selama kurang lebih 3 jam. Ternyata gw bukan satu-satunya yang berniat naek kereta ini. Ada Anna-anak Inggris yang udah 11 bulan keliling Asia dan sudah mo balik ke negaranya, Martha-cewek Spanyol yang 3 bulan di Asia Tenggara dan Hee Jun - cowok Korea yang jalan-jalan setelah wajib militer. Ada juga satu cowok Jerman yang satu hostel ama Anna, tapi ditengah jalan dia memisahkan diri. Circular train ini hanya 1 USD ongkosnya. Kami ditempatkan di gerbong yang sama.

Sepanjang perjalanan keliatan banget kehidupan sehari-hari di Yangon ini. Pedagang asongan bersliweran. Yang paling unik ya ada tukang sirih yang jualan juga di kereta dan banyaknya cewek dan anak-anak yang pake tanakka di wajah mereka. Kalo gw keluar rumah pake tanakka gitu pasti udah diteriakin "orang gilaaa, orang gilaaaaa" hehehe. Di tengah jalan kita turun, entah di stasiun mana. Pokoknya nanya yg paling deket sama Inya Lake yg mana? Katanya deket dari stasiun, bah dibohongin kita. Jauh ternyata. saking jauhnya di tengah jalan Hee Jun ama martha masih sempet main sepak takraw ama orang lokal, gw ama Anna masih sempet makan mie rebus di pinggir jalan.

Inya Lake-nya ternyata biasa ajah. Banyak orang yang main di sini, main layangan, jogging, nongkrong, pacaran, dsb. setelah lumayan lama nongkrong di pinggir danau ini, kita putusin buat balik ke downtown. Ke gedung tertinggi di Yangon buat menikmati sunset. Ternyata di situ dipake buat restoran, yang ada ya kita nongkrong sambil minum. Rada overpriced sih, tapi buat pengalaman ya sudah lah yah.

Setelah sunset dan foto-foto, kita pisahan. Anna ama Martha makan ke dekat Bogyoke Market, Hee Jun balik ke penginapannya, gw juga balik karena nunggu Abhu ama Jenny yang nyusul dari Hongkong (err atau Philipines ya?). Nyaris jam 9 baru mereka nyampe, sudah kelaperan jaya euy. Pantes aja kita makannya lumayan lahap. Udah gitu masih pake belanja cemilan segabruk pula. Malem itu kita tidur perut kekenyangan :D

6 comments:

  1. senang banget deh bisa jalan-jalan, ingin juga jadi backpaker tapi murah ga yah?

    ReplyDelete
  2. Petualangan yang seru sepertinya. tapi memang di benak gue, myanmar adalah negara yang masih dalam tahap perubahan menuju negara yang terbuka. semua negara seperti ini justru rawan kalau dikunjungi.
    tapi memang ini kita dasarkan atas info media electronic saja.

    ReplyDelete
  3. Perjalanan yang keren, pengen ikutan jadinya hohoho. keren blognya. saya bookmark yah, biar saya bisa baca terus tulisanya. :)

    Boleh kunjungi juga blog saya http://fikrielfrana.com cmiiww :)

    ReplyDelete
  4. Rizki Parahita9:08 PM

    mbak, salam kenal :)
    Mau tanya, kalau dari myanmar naik bus ke thailand gimana? bisa? atau harus naek pesawat?

    ReplyDelete
  5. Salam kenal mbak.
    Mau tanya, kalo dari Myanmar ke Bangkok (Thailand) itu bisa lewat jalur darat kah? alias naik bus

    ReplyDelete
  6. @Rizki : waduh, saya kurang tau kalo lewat darat. Taunya naik pesawar doang :)

    ReplyDelete