Monday, March 10, 2014

Apply Visa Schengen di Kedutaan Belanda

Akhirnya visa Schengen yang gw ajuin di Kedutaan Belanda di approve. Persiapannya lumayan panjang, pake deg-degan pula. Alhamdulillah sepanjang proses pengajuannya lancar dan tidak ada masalah. 

Apa saja yang harus disiapkan untuk Visa Turis bagi traveler yang membiayai sendiri perjalanannya :

  1. Paspor, persyaratannya standar - harus punya masa berlaku lebih dari 6 bulan.
  2. Tiket pesawat pulang-pergi (confirmed, tapi tidak harus dibayar). Kedutaan Belanda sih tidak menyarankan membayar tiket pesawat ini dulu. Takutnya kalo visanya nggak diapprove, kan sayang buang-buang duit. Untuk punya gw kebetulan tiketnya sudah dibeli dan dibayar lunas. Secara jalan-jalan ngirit ya... Jadi belinya tiket promo yang belinya jauh-jauh hari hehehe
  3. Booking hotel untuk sepanjang periode tinggal di negara Schengen. 
  4. Pas foto berwarna dengan latar belakang terang (disarankan putih) 2 lembar. Ukurannya adalah 3.5x4.5 cm. Kalau ragu soal ukuran, bilang saja ke tukang cetak fotonya kalo cetak untuk keperluan visa Eropa. Biasanya sih udah pada tau. Sekalipun disuruh membawa fotonya 2 lembar, ternyata yang diambil cuma 1 saja. Kayak apa sih pas foto untuk visa ini (zoom-nya dan penampakannya)? Muka kelihatan jelas dengan ukuran wajah minimal 16mm dan maksimal 20mm. Kayak foto untuk paspor gitu sih. Jangan kuatir salah, kalaupun salah di ruang tunggu visa Belanda bisa bikin foto kok dengan bayar tentunya (Rp. 50.000). 
  5. Bukti keuangan (tabungan atau rekening koran atas nama kita sendiri) yang menunjukkan bahwa kita mampu membiayai hidup kita selama perjalanan.  Di website Kedutaan Belanda sih mensyaratkan minimal 34 Euro per hari, tapi ada beberapa web Travel yang menuliskan minimal tabungan 50 juta.
  6. Surat keterangan kerja dari kantor, ini untuk memastikan bahwa kita kesana murni untuk jalan-jalan, bukan untuk cari kerja. 
  7. Asuransi Perjalanan  dengan nilai pertanggungan minimal 30.000 Euro atau 50.000 USD. Asuransi perjalanan ini bisa dibeli langsung di pihak Asuransi (Allianz, Ace Jaya Proteksi, Zurich, dll). Harganya bervariasi tergantung lama perjalanan dan level pertanggungan. Sebagai gambaran untuk Allianz, 30 hari pertanggungan dengan Level Premium, yang harus dibayar sekitar 70 USD.Siapin fotokopinya, aslinya dibawa saja siapa tahu dibutuhkan.
  8. Formulir Permohonan, harus diisi lengkap. Form ini bisa didownload dari web kedutaan Belanda atau menunggu dikirim via email ketika membuat perjanjian pembuatan visa dengan pihak Kedutaan. 
  9. Biaya Visa, sebesar 60 Euro dibayar dalam Rupiah sesuai dengan kurs yang berlaku. Pada saat gw bikin visa, yang harus gw bayar sebesar Rp. 950rb. 
  10. Fotokopi Kartu Keluarga, dokumen ini sebenarnya nggak ada di list dokumen persyaratan di Web maupun di email konfirmasi perjanjian dari kedutaan. Tapi ada di checklist urutan dokumen yang diberi pada saat di Kedutaan. 
 Setelah dokumen lengkap, ngapain?
  1. Bikin janji pembuatan visa di Website Kedutaan Belanda https://jakarta.embassytools.com/  Bisa dilakukan kurang lebih 10 hari sebelumnya. Gw saranin sih bikin janjinya pagi, jadi kalau seandainya dokumen ada yang kurang lengkap bisa dilengkapi pada hari itu juga. Pembuatan visa ini bisa dilakukan sekita 3 bulan sebelum keberangkatan.
  2. Datang ke Kedutaan sesuai dengan tanggal dan jam perjanjian. Sampai di sana nanti akan diarahkan oleh Security yang ada di situ. 
  3. Samperin mas-mas yang duduk di ujung untuk pengecekan awal dokumen. Dia akan ngasih list urutan dokumen dan memastikan bahwa asuransi, foto dan form sudah lengkap. Ada dokumen tambahan di sini yaitu lembaran perjalanan yang diisi dengan durasi tinggal di masing-masing negara (Formnya dikasih gratis). Pastikan bahwa durasi tinggal di Belanda adalah paling lama - dan harus matching dengan bookingan hotel. Trus tunggu dipanggil untuk masuk ke ruang pemrosesan visa. 
  4. Masuk sesuai panggilan (tas, hp dll harus di tinggal di loker di ruang tunggu), lalu ambil nomor antrian. Tunggu dipanggil sesuai dengan nomor antrian. Di sini ada 6 loket pemrosesan, jadi nggak lama kok nunggunya. 
  5. Pas dipanggil, serahkan semua dokumen yang sudah diurutin, jawab pertanyaan yang diajukan apa adanya, ikuti proses pengambilan sidik jari. 
  6. Bayar sesuai jumlah yang disebutkan, tunggu dibuatkan tanda terima.
  7. Ambil Paspor (yang akan sudah ditempel dengan Visa - jika diapprove) sesuai dengan tanggal dan jam yang ditulis di tanda terima. Biasanya sik besok harinya. 
  8. Selesaiiii
Berdasarkan hasil browsing dan tanya-tanya, ternyata pemrosesan Visa di Kedutaan Belanda ini paling cepat dan nggak ribet persyaratannya. Tapi ya itu, kemana kita mengajukan permohonan visa Schengen itu kan tergantung dimana kita stay paling lama dan/atau di negara mana pertama kali kita masuk ke Schengen. 

So, siap nih buat keliling Eropa :)

No comments:

Post a Comment